PROJECT-BASED LEARNING PADA MATA KULIAH KIMIA ANALITIK DASAR MENGGUNAKAN YOUTUBE UNTUK PENINGKATAN KETERAMPILAN ABAD 21
Keywords:
project-based learning, descriptive study, 21st- century skills, youtubeAbstract
Dalam beberapa tahun terakhir perkembangan informasi dan digitalisasi berkembang dengan sangat pesat, secara khusus dalam pembelajaran jarak jauh saat pandemi COVID-19. Selain itu perkembangan zaman yang terkini mengarah pada diperlukannya keterampilan abad 21 untuk dimiliki oleh peserta didik agar dapat bertahan di tengah berbagai disrupsi pada berbagai bidang konvensional. Pemberian tugas berbasis project-based learning telah dilaksanakan kepada mahasiswa prodi kimia, Universitas Pendidikan Indonesia, pada mata kuliah Kimia Analitik Dasar. Telah dihasilkan 6 video yang membahas metode-metode terbaru yang diaplikasikan pada bidang kimia analitik. Video-video tersebut diupload ke media Youtube dengan total 2662 penonton, 1577 suka dan 235 jumlah komentar, Studi deskriptif digunakan sebagai metode penelitian untuk mendapatkan umpan balik dari mahasiswa selaku peserta didik berkaitan dengan implementasi keterampilan abad 21 dan juga dari penonton untuk mendapatkan respons secara kualitatif berkaitan dengan ketersampaian isi video eksplanasi yang telah dibuat. Dari hasil survey, sekitar 85% mahasiswa menyatakan setuju dan sangat setuju bahwa project-based learning ini dapat meningkatkan kemampuan berkolaborasi (skala 4,34/5), literasi karya ilmiah (4,40/5), berpikir kreatif (4,49/5), komunikasi (4,54/5) dan berpikir kritis (4,7/5). Tanggapan dari audiens yang positif dan suportif juga menguatkan pendapat bahwa penugasan ini mampu melatih keterampilan mengajar dan berkomunikasi dari mahasiswa.