PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION MENGGUNAKAN LIVEWORKSHEETS PADA MATERI LAJU REAKSI
Keywords:
Reaction rate, ARCS learning model, e-worksheet, liveworksheetsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan elektronik lembar kegiatan peserta didik (E-LKPD) berbasis model Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) pada materi laju reaksi SMA/MA Sederajat yang valid serta mengetahui respons pengguna terhadap E-LKPD. Jenis pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi yang diberikan kepada tiga validator dan angket respons pengguna yang diberikan kepada 2 guru kimia dan 20 orang peserta didik. Hasil penelitian diperoleh skor persentase rata-rata penilaian validator ahli materi dan ahli media sebesar 95,41% dan 89,63% dengan kategori valid. Hasil uji coba kepada guru dan peserta didik masing-masing diperoleh skor persentase rata-rata sebesar 91,96% dan 92,62% dengan kategori sangat baik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis ARCS menggunakan liveworksheets pada materi laju reaksi dapat digunakan sebagai media pembelajaran.