PRAKTIKALITAS MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT-ISPRING TERINTEGRASI PERTANYAAN PROMTING PADA MATERI TITRASI ASAM BASA
Keywords:
PowerPoint-iSpring, Prompting Questions, Practicality, Acid Base TitrationAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan tingkat praktikalitas dari penggunaan media pembelajaran PowerPoint-iSpring terintegrasi pertanyaan prompting pada materi titrasi asam basa di dalam proses pembelajaran kimia kelas XI SMA Negeri 1 Lintau. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R & D). Subjek dalam penelitian ini adalah 2 orang guru kimia dan 15 orang siswa yang telah belajar titrasi asam basa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket praktikalitas yang telah divalidasi oleh ahli. Data diolah menggunakan teknik analisis deskriptif memakai rumus persentase praktikalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis respon guru, tingkat praktikalitas media tergolong sangat praktis dengan nilai 87 %, sedangkan berdasarkan analisis respons siswa, tingkat praktikalitas media pembelajaran ini juga sangat praktis. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran PowerPoint-iSpring terintegrasi pertanyaan prompting pada materi titrasi asam basa sangat praktis digunakan guru dan siswa didalam pembelajaran.