PENGGUNAAN YOUTUBE SEBAGAI MEDIA PUBLIKASI PROJECT BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN KIMIA DI SMAN PINTAR PROVINSI RIAU
Keywords:
Distance Learning, Project Based Learning, YouTubeAbstract
Pandemi Covid-19 telah menggemparkan seluruh dunia, dan dampaknya pendidikan dilakukan dalam jaringan. Sistem pembelajaran di sekolah kini dialihkan menjadi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Keberhasilan pembelajaran sangat ditentukan oleh model pembelajaran yang diterapkan. Pengintegrasian antara pembelajaran dan teknologi merupakan suatu inovasi yang dapat dihadirkan sebagai solusi PJJ yang menarik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi deskriptif dengan menyebar angket tertutup dalam bentuk google form. Teknik Analisa data yang digunakan adalah Teknik analisis isi dengan metode analisis deskriptif. Hasil angket dianalisis berdasarkan jawaban 45 responden penelitian yaitu peserta didik kelas XI MIPA SMAN Pintar Provinsi Riau, berdasarkan analisis data, penggunaan YouTube dalam model Project Based Learning dinilai sangat menarik dan membantu peserta didik untuk menuangkan kreativitas dalam membuat video untuk diupload. Konsep pembelajaran ini tetap dapat dijadikan alternatif pembelajaran yang mampu meningkatkan kreativitas ketika keadaan sudah kembali normal.