PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS PHENOMENON BASED LEARNING UNTUK MENGARAHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA
Keywords:
e-module, Phenomenon based learning, Critical thinking skills, Research and developmentAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan dan mengetahui respon guru dan siswa terhadap e-modul berbasis phenomenon based learning pada materi asam basa untuk mengarahkan keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan yang diadopsi dari model Borg & Gall yang terdiri dari 10 tahapan, namun pada penelitian ini hanya dibatasi sampai 7 tahapan. Subjek pada penelitian ini adalah ahli materi, ahli media, guru kimia dan siswa SMA Negeri 2 Siak Hulu Kampar. Objek pada penelitian yaitu e-modul kimia berbasis phenomenon based learning untuk mengarahkan keterampilan berpikir kritis siswa. Teknik pengumpulan data diperoleh dari angket uji kelayakan, uji respon guru, uji respon siswa dan wawancara tidak terstruktur. Analisis data dilakukan dengan cara dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan e- modul diperoleh sebesar 75% (Baik/layak) untuk aspek materi, 83,27% (Sangat baik/layak) untuk aspek media, respons guru sebesar 90% (Sangat baik), dan respon siswa diperoleh sebesar 81% (Sangat baik). Berdasarkan hasil tersebut diidentifikasi bahwa e-modul pembelajaran kimia berbasis phenomenon based learning layak digunakan sebagai sumber belajar.