PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK BERBASIS PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW PADA POKOK BAHASAN STOIKIOMETRI

Authors

  • Siti Rohimah Universitas Riau Author
  • Sri Haryati Universitas Riau Author
  • Roza Linda Universitas Riau Author

Keywords:

Stoichiometry, Student activity worksheet, PQ4R, Research and development

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis PQ4R pada materi stoikiometri untuk kelas X SMA/MA yang valid berdasarkan aspek kelayakan isi, karakteristik PQ4R, kebahasaan, penyajian dan kegrafisan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan dengan model 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate) yang dimodifikasi menjadi 3-D (Define, Design, Develop). Penelitian ini dilaksanakan hanya sampai tahap develop dan diikuti uji respons pengguna. Objek penelitian berupa LKPD berbasis PQ4R. Instrumen pengumpulan data berupa lembaran validasi yang akan diisi oleh 3 orang validator, hasil analisis data didapatkan skor validitas dari aspek kelayakan isi, karakteristik PQ4R, kebahasaan, penyajian dan kegrafisan berturut-turut yaitu 94,05%, 94,05%, 90%, 97,22%, dan 85,42% dengan kategori valid. LKPD yang sudah valid bagi validator diujicobakan terhadap 20 orang peserta didik dan diperoleh hasil respons sebesar 84,63% dengan kriteria sangat baik, serta 2 orang guru dan diperoleh skor yaitu 3,9 dengan kriteria sangat baik. Berlandaskan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis PQ4R yang dikembangkan valid dan bisa diterapkan dalam proses pembelajaran pada materi Stoikiometri.

Downloads

Published

2022-01-20