PENGEMBANGAN INSTRUMEN E-SELF ASSESSMENT DALAM MENGIDENTIFIKASI KETERAMPILAN WAYS OF WORKING PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN KIMIA
Keywords:
instrument, e-self assessment, ways of workingAbstract
Penelitian ini berfokus pada pengembangan instrumen e-self assessment keterampilan ways of working (komunikasi dan kolaborasi) pada materi ikatan kimia. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya perhatian guru dan ketiadaan instrumen khusus dalam mengidentifikasi keterampilan komunikasi dan kolaborasi peserta didik dalam pembelajaran kimia. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan instrumen penilaian keterampilan ways of working yang valid dan relibel, serta melihat respons peserta didik dan guru mengenai instrumen yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development dengan model Borg and Gall yang dilakukan dengan 6 tahap penelitian dari total 10 tahap penelitian. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini adalah instrumen yang dapat mengidentifikasi keterampilan komunikasi dan kolaborasi yang dituang dalam bentuk elektronik menggunakan google form. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini antara lain (1) Hasil uji validitas diperoleh nilai koefisien V Aiken=1 untuk setiap pernyataan. (2) Hasil uji reliabilitas diperoleh nilai r=0,73891 dengan kategori “Tinggi”. (3) persentase respons peserta didik pada segi isi sebesar 84,063%, segi kemudahan 88,54%, dan segi bahasa 81,88% yang artinya masuk dalam kategori sangat baik. Sedangkan, persentase pada respons guru dari segi isi sebesar 78,125% dengan kategori baik, segi kemudahan 91,67% dan segi bahasa 83,33% keduanya termasuk ke dalam kategori sangat baik. Berdasarkan uraian di atas instrumen yang dikembangkan telah valid dan reliabel.