ANALISIS GERMANE COGNITIVE LOAD SISWA PADA MATERI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN DIMASA PANDEMI COVID-19
Keywords:
Germane cognitive load, Covid-19 pandemic, Colligative properties of solutionsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana germane cognitive load siswa pada materi sifat koligatif larutan dimasa pandemi covid-19. Penelitian ini dilakukan secara deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sehingga didapatkan sampel dalam sebanyak 30 siswa kelas XII MIA 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 2 siswa memiliki germane cognitive load yang sangat tinggi, 14 siswa memiliki germane cognitive load yang tinggi, 11 siswa memiliki germane cognitive load yang cukup tinggi, dan 3 siswa memiliki germane cognitive load yang baik, sehingga didapatkan rata-rata nilai siswa pada tes dalam menaganalis germane cognitive load siswa pada materi sifat koligatif larutan sebesar 54,72. Nilai rata-rata tersebut masuk dalam kategori kurang. Hal ini berarti bahwa siswa kelas XII MIA 3 memiliki germane cognitive load yang tinggi pada materi sifat koligatif larutan. Semakin rendah nilai siswa maka semakin besar germane cognitive load siswa yang artinya siswa tersebut merasa kesulitan dalam mengerjakan soal sifat koligatif larutan tersebut.