PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OSBORN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA POKOK BAHASAN LAJU REAKSI
Keywords:
Osborn Learning Model, Learning Achievement, Rate of ReactionAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar peserta didik terhadap penerapan model pembelajaran Osborn pada pokok bahasan Laju Reaksi. Penelitian ini dijalankan di kelas XI MIA SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain Randomized Control Group Pretest - Posttest Design. Sampel dari penelitian adalah peserta didik kelas XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan peserta didik pada kelas XI MIA 4 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen adalah kelas yang diterapkan model pembelajaran Osborn sedangkan kelas kontrol tidak diberi perlakuan. Teknik analisis data digunakan adalah uji-t. Berdasarkan hasil uji analisis data diperoleh thitung > ttabel yaitu 9,141 > 1,670, artinya penerapan model pembelajaran Osborn dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada pokok bahasan Laju Reaksi di kelas XI MIA SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru.