PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS) PADA MATERI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN
Keywords:
Module, STEM learning, colligative nature of solution, Reasearch and developmentAbstract
Penelitian bertujuan untuk mengembangkan modul berbasis STEM pada materi sifat koligatif larutan kelas XII SMA/MA sederajat. Jenis penelitian merupakan penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan 4D yang meliputi fase Pendefenisian, Perancangan, Pengembangan dan Penyebaran. Penelitian ini dilakukan sampai pada fase pengembangan (develop) berupa uji coba satu-satu, dan uji coba terbatas pada guru. Penelitian ini dilaksanakan di FKIP Universitas Riau, MAN 1 Pekanbaru dan SMA Cendana Pekanbaru. Objek pada penelitian ini berupa Modul dengan berbasis STEM. Teknik analisis data yang dipakai dalam penelitian ialah analisis statistik deskriptif, dilakukan dengan cara menghitung skor yang diperoleh pada saat validasi. Penilaian aspek kelayakan modul oleh tim validator berupa aspek kelayakan isi, karakteristik STEM, kebahasaan, penyajian, dan kegrafisan berturut – turut memiliki skor 80%, 87,5%, 80,205%, 90,625%, dan 91,25%. Jadi, secara keseluruhan skor rata – rata validasi modul sifat koligatif larutan berbasis STEM adalah 85,916% termasuk dalam kriteria kelayakan valid, artinya modul yang dikembangkan layak untuk diuji coba secara terbatas sedangkan pada respons guru terhadap modul mendapatkan persentase 92,1% berada pada kriteria baik.