PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF FORMULATE SHARE LISTEN CREATE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA POKOK BAHASAN KESETIMBANGAN ION DAN PH LARUTAN PENYANGGA

Authors

  • Karina Dilla Mustika Universitas Riau Author
  • Elva Yasmi Amran Universitas Riau Author
  • Betty Holiwarni Universitas Riau Author

Keywords:

Cooperative Learning, FSLC model, learning achievement, Equilibrium Ion and pH, Buffer Solution

Abstract

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada pokok bahasan kesetimbangan ion dan pH larutan penyangga di kelas XI MIA SMAN 1 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain pretest-posttest. Penelitian dilaksanakan di SMAN 1 Pekanbaru. Sampel dari penelitian adalah peserta didik kelas XI MIA 6 sebagai kelas eksperimen dan peserta didik pada kelas XI MIA 5 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen adalah kelas yang diterapkan model pembelajaran kooperatif FSLC. Teknik analisis data digunakan adalah uji-t. Berdasarkan hasil uji analisis data diperoleh thitung>ttabel yaitu 1,78> 1,67, artinya penerapan model pembelajaran kooperatif FSLC dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada pokok bahasan kesetimbangan ion dan pH larutan penyangga di kelas XI MIA SMA Negeri 1 Pekanbaru.

Downloads

Published

2021-01-27