PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PROBING- PROMPTING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK
Keywords:
Probing-Prompting learning, Learning achievement, StoichiometryAbstract
Telah dilaksanakan penelitian di SMAN 5 Pekanbaru yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik padapokok bahasan stoikiometri di kelas X MIPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian ekseperimen dengan Design Randomized Control Group Pretest-Posttest. Sampel dari penelitian adalah peserta didik kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen. Kelas eksperimen adalah kelas yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Probing-Prompting. Teknik analisis data digunakan adalah uji-t. Berdasarkan hasil uji analisis data diperoleh thitung>ttabel yaitu 3,59> 1,67, dan besar pengaruh peningkatan prestasi belajar peserta didik sebesar 15,56%.Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe probing-prompting dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada pokok bahasan stoikiometri di kelas X MIPA SMA Negeri 5 Pekanbaru dengan besar pengaruh peningkatan yaitu sebesar 15,56%.,