PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KESETIMBANGAN ION DAN PH LARUTAN PENYANGGA
Keywords:
Cooperative script, Learning achievement, Equilibrium ion, pH buffer solutionAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran cooperative script pada materi kesetimbangan ion dan pH larutan penyangga pada kelas XI MIA SMA Negeri 9 Pekanbaru. Penelitian yang dilakukan ini merupakan penelitian berjenis eksperimen dengan menggunakan pretest-postest. Pelaksanaan penelitian ini di SMA Negeri 9 Pekanbaru dengan sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 2 yang merupakan kelas eksperimen dan siswa kelas XI MIA 3 merupakan kelas kontrol. Dimana kelas eksperimen merupakan kelas yang diterapkan model pembelajaran cooperative script, sedangkan kelas kontrol tidak menerapkan model pembelajaran tersebut. Pada penelitian ini data digunakan dengan teknik analisis data uji-t. Dari hasil uji analisis data didapatkan thitung>ttabel yaitu 3,74> 1,66, dengan arti penerapan model pembelajaran cooperative script dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada pokok bahasan kesetimbangan ion dan pH larutan penyangga di kelas XI MIA SMA Negeri 9 Pekanbaru.