PENGEMBANGAN E-MODULE KIMIA BERBASIS EXE-LEARNING PADA MATERI LAJU REAKSI
Keywords:
Chemistry e-module, exe-learning, reaction rates, learning mediaAbstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan menghasilkan e-module kimia berbasis exe-learning pada materi laju reaksi yang valid berdasarkan penilaian validator. Penelitian ini dirancang menggunakan desain penelitian dengan model pengembangan Plomp, yang terdiri dari 4 fase yaitu ; (1) investigasi awal, (2) desain, (3)realisasi dan (4)validasi, uji coba dan revisi. Data berupa penilaian dan saran oleh tim validator, responden guru dan peserta didik. Aspek penilaian meliputi subtansi materi, desain pembelajaran, tampilan dan pemanfaatan software. Dari hasil penelitian, diperoleh nilai validasi dengan skor 94,35% oleh validator media dan 88,12% oleh validator materi. Skor respon pengguna oleh guru dan peserta didik masing-masing adalah 93,3% dan 92% dengan kriteria sangat baik.