PENINGKATAN KEMAMPUAN BERFIKIR PESERTA DIDIK KELAS XI A5 SMA NEGERI 1 PEKANBARU MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM- BASED LEARNING
Keywords:
Student’s Worksheets, Problem Based Learning, Thinking Ability, Learning AbilityAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berfikir peserta didik kelas XI A5 SMA N 1 Pekanbaru melalui Penelitian Tindakan Kelas. Perbaikan pembelajaran dilaksanakan melalui Penerapan Model Problem Based Learning pada mata pelajaran kimia materi termokimia. Data kemampuan berfikir diperoleh dari penilaian terhadap kategori pertanyaan dan jawaban spontan menggunakan lembar observasi dan Lembar Kerja Peserta didik (LKPD) serta penguasaan konsep menggunakan tes tertulis bentuk soal essay dan penilaian terhadap LKPD. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kategori pertanyaan dan jawaban yang diajukan peserta didik secara spontan yaitu C3 (+37,5%), C4 (+3,3%), C5 (+4,7%), dan C6 (+11,1%), dan menurun untuk C1 (-34%) dan C2 (-11,1%) dan penilaian melalui LKPD peningkatan terjadi pada C3 (+21,7%), C4 (+2,9%), C5 (+7,1%), dan C6 (+12,8%), dan menurun untuk C1 (-44,3%) dan C2 (-18,6%). Peningkatan pada penguasaan konsep untuk penilaian melalui tes tertulis yaitu kategori baik sekali (+11,4%), baik (+14,3%) dan menurun untuk kategori cukup (-2,9%), kurang (-9,6%) dan kurang sekali (-11,4%) dan penilaian melalui LKPD yaitu meningkat untuk kategori baik sekali (+8,6%), baik (+5,7%) dan menurun untuk kategori cukup (- 11,4%), kurang (-2,8%) serta tidak ada penguasaan konsep peserta didik kategori kurang sekali selama pembelajaran melalui penilaian LKPD. Hasil penelitian menunjukkan penerapan PBL dapat meningkatkan keterampilan berfikir peserta didik.