DESAIN DAN UJI COBA VIDEO STOP MOTION SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PERKEMBANGAN TEORI MODEL ATOM
Keywords:
Stop Motion Video, Atomic Model, Instructional Media, learning mediaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam memahami pelajaran kimia yang bersifat teori, bacaan dan menggunakan media pembelajaran yang masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil kelayakan video Stop Motion sebagai media pembelajaran terutama pada media pembelajaran teori dan pengajian di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 7 Pekanbaru (SMKN 7 Pekanbaru) melalui uji validitas dan uji kepraktisan. Dalam penelitian ini video Stop Motion dirancang dengan menggunakan aplikasi Filmora untuk mendukung pembelajaran pada pengembangan teori- teori atom. Produk akhir berupa video tutorial yang valid. Penelitin dan pengembangan ini didesain dengan model modifikasi Borg dan Gall, dan dikelola di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 7 Pekanbaru. Wawancara dan kuesioner adalah teknik pengumpulan data. Video Stop Motion sebagai media pembelajaran yang dikembangkan diuji valid dengan persentase 88,95% (sangat valid) dan praktis dengan 82,75% (sangat praktis). Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa video Stop Motion sebagai media pembelajaran tentang Pengembangan Teori Model Atom sudah valid dan praktis, dan mendapat respon siswa yang baik, sehingga dapat diuji pada tahap selanjutnya.