PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CORE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA POKOK BAHASAN KESETIMBANGAN ION DAN pH LARUTAN GARAM

Authors

  • Nesa Nozari Universitas Riau Author
  • Herdini Herdini Universitas Riau Author
  • Asmadi M. Noer Universitas Riau Author

Keywords:

CORE learning model, chemistry learning, learning achievement, equilibrium of ion and pH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada pokok bahasan kesetimbangan ion dan pH larutan garam di kelas XI IPA SMAN 6 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain pretest-posttest. Pemilihan sampel dilakukan dengan uji homogenitas sehingga didapat sampel dari penelitian adalah peserta didik kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan peserta didik pada kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran CORE (connecting, organizing, reflecting and extending), sedangkan kelas kontrol diberikan pembelajaran tanpa CORE. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Berdasarkan hasil uji analisis data diperoleh thitung>ttabel yaitu 9,03 > 1,66 dengan n-gain 0,72 yang termasuk kategori peningkatan tinggi, artinya penerapan model pembelajaran CORE dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada pokok bahasan kesetimbangan ion dan pH larutan garam di kelas XI IPA SMA Negeri 6 Pekanbaru.

Downloads

Published

2020-01-31