PENERAPAN STRATEGI BELAJAR SQ4R UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM DI KELAS X MIA SMA MUHAMMADIYAH 1 PEKANBARU

Authors

  • Rinchian Fristi Universitas Riau Author
  • Roza Linda Universitas Riau Author
  • Johni Azmi Universitas Riau Author

Keywords:

Learning process, Experimental inquiry, SQ4R, Learning Enhancement, Atomic Structures

Abstract

Penelitian penerapan strategi belajar SQ4R (Survey, Question, Read, Recite, and Review) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi struktur atom pada kelas X MIA Muhammadiyah 1 Pekanbaru telah dilaksanakan dari bulan Agustus sampai September tahun 2018. Penelitian eksperimen dengan desain pre-test dan post-test digunakan dalam penelitian. Ada dua sampel yang digunakan yaitu kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 3 sebagai kelas kontrol. Kedua kelas dipilih secara acak setelah sebelumnya dijalankan uji normalitas dan uji homogenitas. Kelas eksperimen mengimplementasikan strategi belajar SQ4R. T-test digunakan sebagai teknik analisa data. Dari data akhir yang diproses dengan t-test didapatkan t hitung> t table (1,86 > 1,67). Ini menunjukkan bahwa strategi belajar SQ4R dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X MIA SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru pada materi struktur atom.

Downloads

Published

2020-01-30