PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OSBORN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA POKOK BAHASAN KESETIMBANGAN ION DAN PH LARUTAN GARAM
Keywords:
Osborn Learning Model, Learning Achievement, Ion Equelibrium and pH of Salt Solution, Learning achievementAbstract
Penelitian bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada pokok bahasan kesetimbangan ion dan pH larutan garam di kelas XI IPA SMAN 14 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain pretest-posttest. Penelitian dilaksanakan di SMAN 14 Pekanbaru. Sampel dari penelitian adalah peserta didik kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan peserta didik pada kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen adalah kelas yang diterapkan model pembelajaran Osborn sedangkan kelas kontrol tidak diberi perlakuan. Teknik analisis data digunakan adalah uji-t. Berdasarkan hasil uji analisis data diperoleh thitung>ttabel yaitu 7,25 > 1,67, artinya penerapan model pembelajaran Osborn dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada pokok bahasan kesetimbangan ion dan pH larutan garam di kelas XI IPA SMA Negeri 14 Pekanbaru dengan kategori peningkatan prestasi belajar pada kelas eksperimen berdasarkan Skor (N-Gain) tergolong tinggi yaitu 0,73.