VALIDITAS BAHAN AJAR KIMIA PADA MATERI IKATAN KIMIA BERBASIS EXE-LEARNING UNTUK SEKOLAH MENENGAH TINGKAT ATAS/SEDERAJAT
Keywords:
Bahan ajar kimia berbasis TIK, Exe-learning, Ikatan kimiaAbstract
Bahan ajar kimia berbasis exe-learning pada materi ikatan kimia dirancang sesuai dengan standar kompetensi pada kurikulum 2013. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (analyze, design, develop, implement and evaluate). Penelitian dilakukan hanya sampai pada tahap development (pengembangan), karena tujuan penelitian ini hanya sebatas mengembangkan dan menghasilkan bahan ajar kimia berbsis exe-learning pada materi ikatan kimia yang valid untuk digunakan dalam pembelajaran berdasarkan penilaian validator. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi ahli materi dan lembar validasi ahli media yang meliputi aspek perancangan, aspek pedagogik, aspek isi dan aspek kemudahan penggunaan yang diberikan kepada 4 orang validator yakni, I orang ahli media dan 3 orang ahli materi serta angket tanggapan peserta didik dengan jumlah responden 30 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis statistik deskriptif, yaitu dengan cara menghitung persentase nilai validasi. Penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi yang dilakukan diakhir kegiatan validasi memperoleh persentase rata-rata penilaian sebesar 89,14% dengan kategori valid dan persentase tanggapan perserta didik sebesar 94,81% dengan kategori baik. Berdasarkan kriteria kelayakan analisis persentase dapat disimpulkan bahwa bahan ajar kimia berbasis exe-learning pada materi ikatan kimia yang dikembangkan sudah valid sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran kimia kelas X Sekolah Menengah Atas (SMA/sederajat.