PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA SMKN KEHUTANAN PROVINSI RIAU PADA MATERI PEMISAHAN CAMPURAN
Keywords:
Pembelajaran berbasis proyek, keterampilan proses sains, penguasaan konsep, materipemisahancampuranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan keterampilan proses sains dan penguasaan konsep siswa menggunakan pembelajaran berbasis proyek pada materi pemisahan campuran. Metode yang digunakan adalah weak experimental on group pretest-posttest design. Objek penelitian adalah siswa kelas X SMKN Kehutanan Provinsi Riau. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, dengan cara menghitung persentase aspek keterampilan proses sains siswa (memprediksi, mengelompokkan, menerapakan konsep, berkomunikasi, observasi, merancang percobaan) yang berimplikasi pada peningkatan penguasaan konsep siswa. Aspek keterampilan proses sains siswa mengalami peningkatan tertinggi adalah aspek mengelompokkan sebesar 97%, dan terendah dicapai pada aspek menerapkan konsep sebesar 54% serta peningkatan penguasaan konsep pemisahan campuran sebesar 66,6% dengan kategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbsis proyek dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan penguasaan konsep siswa pada materi pemisahan campuran.