MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X MELALUI PENERAPAN METODE TUTOR TEMAN SEBAYA DI SMA NEGERI 3 BUKIT BATU
Keywords:
Tutor teman sebaya, Prestasi belajar kimia, RedoksAbstract
Pembelajaran kimia di SMA Negeri 3 Bukit Batu saat ini kurang memuaskan, karena masih banyak masalah yang mengakibatkan siswa kurang antusias untuk belajar. Pembelajaran kurang menarik minat siswa, sehingga siswa mudah bosan dan kurang aktif dan prestasi belajar siswa rendah. Penelitian memilih metode tutor teman sebaya dalam proses belajar agar dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpartisipasi aktif. Sehingga dapat meningkatkna pemahaman siswa terhadap mata pelajaran kimia. Metode tutor teman sebaya dilakukan dengan cara mengadakan kegiatan diskusi kelompok guna menyelesaikan persoalan yang diberikan guru dan presentasi dari masing-masing kelompok pada setiap pertemuan. Beberapa siswa pintar dipilih untuk menjadi tutor dalam kelompoknya masing-masing. Dengan demikian pembelajaran kimia tidak hanya mendengarkan penjelasan dari guru tetapi menyangkut kegiatan diskusi serta latihan soal di setiap pertemuan. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 3 Bukit Batu Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 20 orang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode tutor teman sebaya pada materi Redoks di Kelas X tahun pelajaran 2017/2018, terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, yang diindikasikan dengan adanya peningkatan dalam ulangan harian siswa, kerjasama antar kelompok, dan rasa tanggung jawab terhadap tugas-tugas yang diberikan.