PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA BERORIENTASI CHEMOENTREPRENEURSHIP (CEP) PADA POKOK BAHASAN SENYAWA TURUNAN ALKANA KELAS XII SMA/MA
Keywords:
Modul, Chemoentrepreneurship (CEP), Senyawa Turunan Alkana, Model Pengembangan PlompAbstract
Penelitian pengembangan modul senyawa turunan alkana berorientasi Chemoentreprenouship pada pokok bahasan senyawa turunan alkana untuk kelas XII SMA/MA merupakan suatu inovasi pengembangan bahan ajar sesuai dengan tuntutan kurikulum 13 yaitu life skill peserta didik. Penelitian ini dirancang menggunakan desain penelitian dan pengembangan (R & D) dengan model pengembangan Plomp. Secara garis besar, tahapan penelitian dengan menggunakan model Plomp meliputi fase investugasi, fase perancangan, fase realisasi/kontruksi dan fase validasi, uji coba dan revisi, dan fase implementasi. Pengembangan modul berorientasi chemoentreprenouship pada pokok bahasan senyawa turunan alkana hanya dilakukan samapai fase validasi,uji coba dan revisi. Hasil analisis lembar validasi yang berupa penilaian dan saran oleh tim validator meliputi beberapa aspek yaitu aspek self-intructional, fase self-contained, fase stand alone, fase adaptive, fase user friendly, fase chemoetreprenouship, fase pedagogik dan fase kegrafisan. Kuesioner respons pengguna meliputi guru dan peserta didik. Modul dinyatakan valid dengan skor keseluruhan validasi 92,77%. Skor respons penggunan yaitu guru dan peserta berturut-turur adalah 93,94% dan 93,33% dengan kriteria sangat baik.