POSTER KIMIA UNSUR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 PEKANBARU
Keywords:
Poster, Kimia unsur, aktivitas siswa, PTKAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses implementasi dan peningkatan aktivitas pembelajaran dari penggunaan poster kimia unsur untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas XII SMA Negeri 1 Pekanbaru pada materi kimia unsur. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII MIA 7 SMA 1 Pekanbaru. Indikator keberhasilan penelitian adalah implementasi poster kimia unsur sesuai dengan sintaks yang diacu, aktivitas siswa pada saat proses pembelajaran mampau mencapai kategori baik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal postest dan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitain menunjukkan bahwa aktivitas pembelajaran dengan menggunakan poster kimia unsur berada pada tahap baik dengan pencapaian pada siklus I sebesar 60,67% dan capaian pada siklus II adalah 68,08% pada tahap baik.