PROFIL KECAKAPAN SOSIAL DAN PERSONAL SISWA DALAM HUBUNGANNYA DENGAN KECAKAPAN AKADEMIK PADA PEMBELAJARAN KIMIA
Keywords:
Kecakapan hidup, personal, sosial, akademikAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kecakapan hidup siswa pada pembelajaran kimia dan mengungkapkan hubungan antar kecakapan hidup. Penelitian deskripsi ini mengambil subjek penelitian sebanyak 144 orang siswa kelas XI di salah satu SMA Negeri di Kota Padang. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik stratified random sampling, membagi menjadi 3 kelompok berdasarkan tingkat kecerdasannya (IQ). Data penelitian diambil dengan pedoman observasi, pedoman wawancara dan tes uji kecakapan hidup siswa. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru, siswa dan proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk kecakapan personal siswa tergolong baik. Kecakapan sosial siswa tergolong sangat baik. Kecakapan akademik siswa tergolong cukup baik. Korelasi antar kecakapan hidup menunjukkan bahwa a) terdapat hubungan yang lemah antara kecakapan personal siswa dengan kecakapan sosial siswa, ) tidak terdapat hubungan (sangat lemah) antara kecakapan personal siswa dengan kecakapan akademik, dan antara kecakapan sosial siswa dengan kecakapan akademik siswa.