PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA MAHASISWA (LKM) BERBASIS INQUIRI PADA MATA KULIAH STRATEGI PEMBELAJARAN KIMIA

Authors

  • Erviyenni Erviyenni Universitas Riau Author
  • Sri Haryati Universitas Riau Author

Keywords:

Pengembangan, lembar kerja, berbasis inquiri, strategi pembelajaran kimia

Abstract

Penelitian pengembangan yang dilaksanakan bertujuan menghasilkan lembar kerja mahasiswa (LKM) berbasis inquiri yang valid, praktis dan efektif untuk melengkapi perangkat mata kuliah strategi pembelajaran kimia. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Penelitian yang dilaksanakan terdiri dari empat tahap, yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), pendesiminasian (desseminete), karena keterbatasan waktu dan biaya penelitian hanya sampai pada tahap pengembangan. Data penelitian dikumpulkan melalui lembar penilaian oleh validator. Validasi internal terhadap LKM menggambarkan bahwa penulisan LKM sudah memenuhi indikator penilaian teknis, tulisan menggunakan huruf cetak, antara huruf topik dengan huruf untuk informasi sudah berbeda, tapi masih menggunakan lebih dari 10 kata dalam satu baris. Untuk penilaian isi dapat digunakan mahasiswa dengan kecepatan bervariasi, belum sepenuhnya memuat langkah untuk menemukan, akan tetapi sudah memberikan kegiatan bervariasi (baca, diskusi, menjawab). LKM dapat memberikan kesempatan mencari informasi berbeda karena dalam instruksi mengerjakan latihan, menghendaki mahasiswa untuk membaca makalah dan buku lain, kegiatan dapat mengembangkan hubungan sosial, emosional karena proses pembelajaran dilakukan secara berkelompok. Bahasa yang digunakan sesuai tingkat intelektual mahasiswa. Penilaian format menggambarkan LKM sudah memiliki judul, tujuan, teori singkat, langkah kerja, ada pertanyaan dan sudah mencantumkan daftar pustaka, ada tabel dan menuntut mahasiswa untuk menerapkan contoh-contoh dalam kegiatan pembelajaran.

Downloads

Published

2016-07-22