PENGEMBANGAN PERANGKAT PENILAIAN BERBASIS KELAS UNTUK PEMBELAJARAN KIMIA SEKOLAH MENENGAH ATAS POKOK BAHASAN STOIKIOMETRI
Keywords:
Penilaian berbasis kelas, stoikiometriAbstract
Salah satu faktor penyebab belum diterapkan penilaian berbasis kelas di sekolah-sekolah dewasa ini karena guru kimia mengalami kesulitan untuk merancang dan mengembangkan penilaian sesuai dengan yang diinginkan kurikulum. Untuk memecahkan masalah ini, maka dilakukan penelitian untuk mengembangkan perangkat penilaian berbasis yang valid, praktikal dan efektif untuk pembelajaran kimia SMA pokok bahasan stoikiometri. Metode penelitian yang digunakan adalah development research. Penelitian dilaksanakan dalam tiga tahun dan terdiri dari tiga tahap yaitu analisis muka belakang, prototipe, dan implementasi. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi kelas, wawancara dengan siswa, guru, pakar pendidikan kimia, analisis hasil kerja siswa, dan tes. Hasil penelitian tahun pertama menunjukkan bahwa perangkat penilaian berbasis kelas yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dari segi isi dan konstruksi. Ujicoba dilakukan pada tahun kedua penelitian di SMAN 1 Pekanbaru, SMA Babussalam, dan SMAN 2 Siak Hulu. Hasil ujicoba juga memenuhi kriteria praktis, yang mana guru dan siswa dapat menggunakan perangkat penilaian berbasis kelas dalam pembelajaran kimia, tanpa kendala berarti.