IDENTIFIKASI PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN ALGORITMIK SISWA KELAS XI SMAN 4 BANDA ACEH PADA MATERI TERMOKIMIA TAHUN AJARAN 2014/2015
Keywords:
pemahaman konseptual, pemahaman algoritmik, termokimiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengindentifikasi persentase pemahaman algoritmik dan konseptual siswa pada Materi Termokimia Tahun Ajaran 2014/2015 di Kelas XI-IA SMAN 4 Banda Aceh. Penelitian ini dapat memberikan kontribusi dalam mengetahui kemampuan pemahaman konseptual dan algoritmik siswa sehingga pembelajaran pada materi termokimia dapat menggunakan model pembelajaran yang tepat dan menghasilkan kemampuan pemahaman konseptual dan algoritmik yang tinggi. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan teknik simple random sampling. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI-IA berjumlah 50 orang. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes, angket, dan wawancara. Berdasarkan persentase pemahaman konseptual dan algoritmik yang diperoleh pada A1C1 sebanyak 8%, A1C0 sebanyak 4%, A0C1 sebanyak 20%, A0C0 adalah 0% dan sebanyak 68% siswa dengan pemahaman algoritmik dan konseptual sedang. Penelitian ini sangat penting sebagai studi pendahuluan bagi penelitian-penelitian lanjutan.