PENERAPAN MODEL KOOPERATIF LISTENING TEAM UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH KIMIA FISIKA I
Keywords:
Kimia Fisika I, Kooperatif, Kualitas, Listening Team, PembelajaranAbstract
Telah diterapkan model pembelajaran kooperatif Listening Team untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada mata kuliah Kimia Fisika I yang dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2014/2015. Bentuk penelitian adalah pre-eksperimen dengan rancangan single one shot case study dengan one group pretest-posttest. Hasil penelitian memperlihatkan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe listening team dapat meningkatkan kualitas pembelajaran pada mata kuliah Kimia Fisika I. Hasil kualitas proses pembelajaran mata kuliah Kimia Fisika I memperlihatkan bahwa interaksi mahasiswa dengan sumber belajar menunjukkan tren positif terlihat dari nilai rata-rata Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) yang diperoleh mahasiswa setiap pertemuan diatas 80 dan penghargaan kelompok bervariasi setiap pertemuan. Kompetensi atau kemampuan mahasiswa didapatkan berdasarkan penilaian hasil belajar yaitu rata-rata nilai N-Gain sebesar 0,55 termasuk ke dalam klasifikasi peningkatan sedang dan tingkat ketuntasan secara klasikal sebesar 60%.