MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF QUESTION STUDENT HAVE (QSH) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 5 PEKANBARU
Keywords:
Kooperatif, Question Student Have, Aktivitas dan Prestasi BelajarAbstract
Penerapan model pembelajaran kooperatif Question Student Have telah dilaksanakan di kelas XI SMA Negeri 5 Pekanbaru bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan. Penelitian ini berbentuk eksperimen dengan desain pretest-posttest. Sampel penelitian terdiri dari kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 6 sebagai kelas kontrol yang dipilih secara acak dari dua kelas yang homogen. Kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran kooperatif Question Student Have, sedangkan kelas kontrol tanpa penerapan model pembelajaran kooperatif Question student have. Teknik pengambilan data menggunakan lembar observasi dan teknik tes. Berdasarkan hasil pengamatan aktivitas belajar kelas eksperimen selama proses telah melakukan kegiatan belajar sesuai dengan model yang diterapkan dan diperoleh t-hitung > t-tabel (2,258>1,67) berarti penerapan model pembelajaran kooperatif Question Student Have dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan di kelas XI SMA Negeri 5 Pekanbaru, dengan peningkatan sebesar 6,53%. Model pembelajaran kooperatif Question Student Have dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa khususnya pada pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan.