PENERAPAN MODEL KOOPERATIF WORDSQUARE UNTUK MENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN KIMIA POKOK BAHASAN KOLOID DI KELAS XI SMKN 2 PEKANBARU
Keywords:
Pembelajaran Kooperatif, Word square, Koloid dan Prestasi Belajar.Abstract
Penelitian penerapan model pembelajaran kooperatif Word Square telah dilakukan untuk meningkatkan prestasi belajar kimia siswa pada pokok bahasan koloid di kelas XI SMKN 2 Pekanbaru. Bentuk penelitian yang dilakukan adalah penelitian ekperimen dengan desain pretest-posttest. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI Kimia 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI Kimia 2 sebagai kelas kontrol yang dipilih secara acak setelah dilakukan uji homogenitas. Kelas eksperimen merupakan kelas yang diberikan perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Word Square. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji-t. Berdasarkan hasil peneiitian pengolahan data akhir menggunakan rumus uji-t diperoleh t-hitung>t-tabel yaitu 3,49>1,67 artinya hipotesis penerapan model pembelajaran kooperatif tipe word square dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan koloid di kelas XI SMKN 2 Pekanbaru diterima dengan persentase peningkatan sebesar 13,71%.