MENUNTASKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN KIMIA FKIP UNIVERSITAS RIAU DALAM MATA KULIAH KIMIA DASAR II MELALUI PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH TAHUN AKADEMIS 2011/2012

Authors

  • Rasmiwatti Rasmiwetti Universitas Riau Author
  • Miharty Miharty Universitas Riau Author
  • Rini Rini Universitas Riau Author

Keywords:

Kimia Dasar II, Pembelajaran berdasarkan masalah, Ketuntasan belajar

Abstract

Mata kuliah Kimia Dasar II merupakan pengulangan dan pengambangan dari kimia yang telah dipelajari mahasiswa di SMA. Oleh sebab itu diharapkan belajar mahasiswa pada mata kuliah Kimia Dasar II nilainya pada kategori tinggi. Hasil observasi dan wawancara dengan mahasiwa, diperolah keterangan bahwa sebagian besar mahasiswa sulit untuk memahami materi. Untuk itu perlu dilakukan suatu usaha peningkatan kualitas pembelajaran agar hasil belajar mahasiswa lebih baik dan tuntas melalui penelitain tindakan kelas. Pada penelitian ini dilakukan pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran berdasarkan masalah. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan dan menuntaskan kemampuan belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Riau Tahun akademis 2011/2012 dalam mata kuliah Kimia Dasar II. Penelitian dilaksanakan tiga siklus. Peningkatan ketuntasan hasil belajar mahasiswa dari siklus I dengan siklus II sebanyak 25,00% dan dari siklus II dengan siklus III sebanyak 54,17%. Peningkatan kemampuan belajar mahasiswa ini dengan cara: 1) Pengajaran dilaksanakan secara kelompok yang terdiri dari 5 atau 6 orang, 2) Menggunakan media pembelajaran yang berupa buku bacaan, bahan pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran dan Lembaran Kerja Mahasiswa (LKM). 3) Dosen mendorong keaktifan mahasiswa waktu kegiatan kelompok. 4) Dosen memberikan arahan secara kelompok maupun secara klasikal. 5) Waktu untuk diskusi klasikan relatif lama.

Downloads

Published

2025-01-22