Implementasi Media Video Pembelajaran dan Media Powerpoint Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan PBL pada Materi Larutan Penyangga

Authors

  • Rahul Hutagaol Universitas Negeri Medan Author
  • Jasmidi Jasmidi Universitas Negeri Medan Author
  • Ratu Evina Dibyantini Universitas Negeri Medan Author
  • Iis Siti Jahro Universitas Negeri Medan Author
  • Ayi Darmana Universitas Negeri Medan Author

Keywords:

PBL, learning videos, learning outcomes, student activities

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media video pembelajaran pada materi larutan penyangga. Penelitian ini menggunakan dua sampel yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu terdiri dari kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 di SMA Negeri 1 Silimapunggapungga dan masing-masing berjumlah 34 siswa. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Design, yang melibatkan kelas eksperimen I dan eksperimen II. Instrument tes yang digunakan pada penelitian ini yaitu tes hasil belajar kimia siswa yang berbentuk pilihan ganda yang sudah divalidasi terlebih dahulu. Untuk uji hipotesis menggunakan uji Paired Sampel T-Test, uji Independent Sampel T-Test dan uji Korelasi antara hasil belajar dan aktivitas siswa. Dari hasil penelitian diperoleh pada uji hipotesis pertama dan kedua diperoleh nilai t!"#$%& > t#'()* yaitu sebesar 18,04>2,03 dan 7,04>2,03 yang menandakan bahwa peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media video pembelajaran lebih tinggi dibandingkan menggunakan powerpoint pada materi larutan peyangga.Adapun hasil dan aktivitas belajar berkorelasi secara signifikan yang diperoleh dari nilai r!"#$%& > r#'()* yaitu 0,50 > 0,34.

Downloads

Published

2025-01-24