Cover Image

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODUL KIMIA HIGHER ORDER THINKING SKILL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI REAKSI REDOKS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Haqqi Annazili Nasution, Venty Eologi Hutabarat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan modul kimia Higher Order Thinking Skills (HOTS) berbasis model Problem Based Learning (PBL) pada materi reaksi redoks  Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Sorkam Barat. Sampel terdiri dari 1 kelas eksperimen menggunakan modul kimia Higher Order Thinking Skills (HOTS) berbasis model Problem Based Learning (PBL) pada materi reaksi redoks dengan metode pemberian pretest-posttest. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan tes menggunakan pretest-posttest. Data menunjukkan uji N-Gain mengalami peningkatan dengan menggunakan tes pretest-posttest, pada saat pretest nilai rata-rata yang didapat sebesar 31 dan mengalami peningkatan posttest dengan nilai rata-rata 70 maka nilai N-Gain yang didapat sebesar 57 dengan kriteria “Sedang”. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan. Sehingga Penggunaan modul kimia Higher Order Thinking Skills (HOTS) berbasis model Problem Based Learning (PBL) pada materi reaksi redoks mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik.


Keywords


Module, Effectiveness, Higher order thinking skill, N-Gain test.

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran, revi.ed. Raja Grafindo. Jakarta

Desi, Y & Azizah, K. 2021. Efektivitas E-Modul Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit Berbasis Guided Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha. 5(2): 54-52.

Firda, F., Hadiwijaya, R., & Nugraha, F. 2021. Application of Problem Based Learning (PBL) Model to Improve Higher Order Thinking Skills (HOTS). In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series 4(1): 27-33.

Munadi, Y. 2013. Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Referensi. Jakarta

Nani, S. N., Arrijani, A., & Rengkuan, M. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem-Based Learning terhadap Higher Order Thinking Skills Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tondano. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2): 22122-22133.

Prastowo, A. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Kencana Prenamedia Grup. Jakarta

Rosyid, S. Z., Setiono, S., & Ramdhan, B. (2023). Profile of Higher Order Thinking Ability in Differentiation-Based Problem Based Learning Models. Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 5(3): 291-296.

Salleh, S. F., & Harun, J. (2019). Pembelajaran Berasaskan Masalah Menerusi Teknologi Web 2.0 dalam Mata Pelajaran Sains dan Kesannya Terhadap Tahap Kemahiran Berfikir Aras Tinggi Pelajar (Problem Based Learning Via Web 2.0 Technology in Science Subject and The Effect Towards Students’ Higher Order Thinking Skills). Innovative Teaching and Learning Journal, 3(2): 15-29.

Soleha, I., Bektiarso, S., & Subiki (2022). The Effect of Problem-Based Learning with Student Worksheets on Senior High School Students’ Higher Order Thinking Skill and Physics Learning Outcomes. Jurnal Geliga Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 10(2): 154-160

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta. Jakarta.

Verdiana, V., Munawaroh, H., & Fatiatun, F. (2024). Analisis peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika pada penerapan model pembelajaran PBL menggunakan soal HOTS. Biochephy: Journal of Science Education, 4(1): 70-74.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpk-unri.v9i2.7935

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.