
PRATIKALITAS DAN EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN POWER-POINT ISPRING TERINTEGRASI PERTANYAAN PROMPTING PADA MATERI HIDROKARBON TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Rajawali Press. Jakarta
Delvi, I.P., & Guspatni, G. 2020. Pengembangan Multimedia Pembelajaran PowerPoint-iSpring Terintegrasi Pertanyaan Prompting pada Materi Termokimia Kelas XI SMA/MA. Entalpi Pendidikan Kimia, 1(1): 79-9
Falahudin, I. 2014. Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara. 1(4): 104-117
Firmadani, F., Shalima, I., & Firdaus, M.A. 2017. Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif dengan Ispring Presenter bagi Guru MI AL ISLAM Balesari Kecamatan Windusari Kabupaten Magelang. In Conference on Language and Language Teaching PELATIHAN :170-177.
Gogali, V.A., Erlangga, C.Y., & Putra, J.P. 2018. Penggunaan Multimedia Interaktif Sebagai Bahan Penunjang Media Presentasi (Studi pada SSDM Mabes Polri Jakarta Selatan). Jurnal Abdimas Bsi. 1(3):503–509.
Guspatni, G., Andromeda, A., & Bayharti, B. 2018. Peningkatan Aktivitas Menjawab dan Kualitas Jawaban Mahasiswa dengan Pertanyaan Prompting pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran Kimia. Jurnal Eksakta Pendidikan. 2(1): 101- 107.
Hadilka, M.L., & Guspatni, G. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint-iSpring Terintegrasi Pertanyaan Prompting pada Materi Sifat Keperiodikan Unsur Kelas X SMA/MA. Entalpi Pendidikan Kimia. 1(1): 11-18
Hake, R,R. 1999. Analyzing Change/Gain Scores. AREA-D American Education Research Association’s Devision. D, Measurement and Reasearch Methodology. New York.
Hernawati, K. 2010. Modul Pelatihan Ispring Presenter. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta:
Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran abad 21. Ghalia Indonesia. Jakarta.
Jacobsen, D.A., Enggen, P., & Kauchack, D. 2009. Methods For Teaching. USA: Person Education.
Lasmo, S.R., Bektiarso, S., & Harijanto, A. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Teknik Probing-Prompting Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Jember. 6 (2): 162-167.
Latisma. D.J. 2011. Evaluasi Pendidikan. UNP Press. Padang
Muthmainnah, M., Hapizah, H., & Somakim, S. 2019. Penerapan strategi probing prompting dalam pembelajaran matematika materi relasi dan fungsi di SMP. Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 1(1): 27-37.
Netriwati, N., & Lena, M.S. 2017. Media Pembelajaran Matematika. Permata Net. Bandar Lampung:
Oktavia, R. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran PowerPoint-iSpring Terintegrasi Pertanyaan Prompting pada Submateri Pergeseran Kesetimbangan Kimia Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA/MA. Skripsi. Universitas Negeri Padang.
Permendikbud (Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia) Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta : Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Plomp, T., Pelgrum, W.J., & Law, N. 2007. SITES2006–International comparative survey of pedagogical practices and ICT in education. Education and Information Technologies. 12(2): 83-92.
Pratiwi, K. I., & Guspatni, G. 2022. Praktikalitas dan Efektivitas Media Pembelajaran Powerpoint-Ispring Terintegrasi Multipel Representasi Kimia Dan Pertanyaan Prompting Materi Sifat Koligatif Larutan Kelas XII MIPA SMA/MA. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi. 22(3): 1869-1875.
Rafiq M., Sabil H, &. Ramalisa. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Power Point & Ispring Suite pada Materi Perbandingan di Kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Matematika: 1: 1-9
Riduwan, A. (2012). Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. Alfabeta. Bandung
Salfitri, A., & Guspatni, G. 2021. Pengembangan Media PowerPoint-iSpring Terintegrasi Pertanyaan Prompting Pada Materi Ikatan Kimia Kelas X SMA/MA. Entalpi Pendidikan Kimia. 2(1): 38-46.
Sanaky, A.H.H. 2009. Media Pembelajaran. Safiria Insania Press. Yogyakarta:
Sanjaya, W. (2014). Strategi Pembelajaran, Kencana Prenada Media Grou. Jakarta
Silvianti, S., & Guspatni, G. 2022. Praktikalitas media pembelajaran powerpoint-ispring terintegrasi pertanyaan prompting pada materi titrasi asam basa. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau, 7(2), 88-95.
Widada, H. 2010. Cara Mudah Desain Presentasi dengan Power Point 2007. Cakrawala. Yogyakarta
Wijayanto P.A., Utaya S. & Astina I,K. 2017. Increasing Student’s Motivation and Geography Learning Outcome Using Active Debate Methode Assisted by Ispring Suite. International Journal of Social Sciences and Management. 4(4): 240-247
Yusfa, H.A., & Guspatni, G. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint-iSpring Terintegrasi Pertanyaan Prompting pada Materi Hidrokarbon Kelas XI SMA. Entalpi Pendidikan Kimia. 2(3): 39-48.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpk-unri.v8i1.7853
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.