Cover Image

PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA POKOK BAHASAN TERMOKIMIA KELAS XI SMA/MA

Welinda Safitri, Betty Holiwarni, Abdullah Abdullah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-LKPD (elektronik-Lembar Kerja Peserta didik) berbasis Discovery Learning pada pokok bahasan termokimia kelas XI SMA/MA yang valid dan mengetahui respon pengguna terhadap E-LKPD berbasis Discovery Learning pada pokok bahasan termokimia kelas XI SMA/MA jika digunakan dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4-D yang meliputi tahap Define (Pendefenisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran). Penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap Develop (Pengembangan) berupa uji coba satu-satu, respon guru dan uji coba terbatas. Objek pada penelitian ini berupa E-LKPD berbasis Discovery Learning. Teknik analisis data yang dipakai dalam penelitian adalah analisis statistik deskriptif yang dilakukan dengan cara menghitung skor yang diperoleh pada saat validasi. Penilaian aspek kelayakan E-LKPD oleh tim validator berupa aspek kelayakan isi, karakteristik Discovery Learning, kebahasaan, penyajian, dan kegrafisan dengan persentase skor berturut-turut sebesar 98,23, 92,86, 95, 95,83 dan 96%. Secara keseluruhan skor rata-rata validasi E-LKPD berbasis Discovery Learning pada pokok bahasan termokimia adalah 91,26% yang termasuk dalam kriteria valid, artinya E-LKPD yang dikembangkan layak untuk diuji coba secara terbatas sedangkan persentase skor respon guru terhadap E-LKPD sebesar 93,38%  yang berada pada kriteria sangat baik.


Keywords


E-worksheets, Discovery Learning, Thermochemistry, Reasearch and Development.

Full Text:

PDF

References


Annafi, N., Ashadi, & Mulyani, S. (2015). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Termokimia Kelas XI SMA/MA. Jurnal Inkuiri. 4(3): 21-28.

Asni, A., Wildan, W., & Hadisaputra, S. 2020. Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar kimia siswa materi pokok hidrokarbon. Chemistry Education Practice, 3(1): 17-22.

Augustha, A., Susilawati, S., & Haryati, S. 2021. Pengembangan E-LKPD Berbasis Discovery Learning Menggunakan Aplikasi Adobe Acrobat 11 Pro Extended Pada Materi Kesetimbangan Ion Dan pH Larutan Garam Untuk Kelas XI SMA/MA Sederajat. Journal of Research and Education Chemistry. 3(1): 28–42.

Depdiknas. 2008. Teknik Penyusunan Modul. Direktorat Manajemen Pendidikan Tinggi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Haqsari, R. 2014. Pengembangan dan Analisis E-LKPD (Elektronik Lembar Kegiatan Peserta Didik) Berbasis Multimedia Pada Materi Mengoperasikan Software Speadsheet. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Ika, J., Sumarti, S.S, & Widodo, A.T. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Self Efficacy dan Hasil Belajar Kimia Pada Materi Koloid. Journal Of Innovative Science Education, 6(1): 49-58

Izzatunnisa, Andayani, Y., & Hakim, A. 2019. Pengembangan LKPD Berbasis Pembelajaran Penemuan Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Pada Materi Kimia SMA. Jurnal Pijar MIPA. 14(2): 49–54.

Lathifah, M.F., Hidayati, B.N., & Zulandri, Z. 2021. Efektifitas LKPD Elektronik sebagai Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Guru di YPI Bidayatul Hidayah Ampenan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA. 4(2): 25–30.

Lestari, A., Hairida, & Lestari, I. 2021. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Discovery Learning pada Materi Asam Basa. Jurnal Zarah. 9(2): 117–124.

Nianti, R. E., Haryati, S., & Herdini, H. 2022. Pengembangan e-LKPD berbasis connecting, organizing, reflecting, extending berbantuan liveworksheets pada pokok bahasan asam basa. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau. 7(1): 34-41.

Nurisalfah, R., Kadaritna, N., & Tania, L. (2015). Pengembangan LKS Menggunakan Model Discovery Learning Pada Materi Teori Atom Mekanika Kuantum. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia. 4(1): 197–208.

Prastowo, A. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press. Yogyakarta.

Pratama, A., Gani, T., & Danial, M. 2021. Pengembangan e-LKPD Berbasis Model Discovery Learning Pada Materi Pokok Asam Basa. Pendidikan Kimia PPs UNM. 5(1): 100–109.

Susilawati, F., Gunarhadi, G., & Hartono, H. 2020. Pentingnya Pengembangan Bahan Ajar Tematik Dalam Peningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Siswa. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru. 12(1): 62–68.

Syahida, A., & Irwandi, D. 2015. Analisis Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Soal Ujian Nasional Kimia. Edusains. 7(1): 77-78.

Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Bumi Aksara. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpk-unri.v8i1.7840

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.