Cover Image

PPENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION MENGGUNAKAN LIVEWORKSHEETS PADA MATERI LAJU REAKSI

Elsa Kinanda, Herdini Herdini, Asmadi M. Noer

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan elektronik lembar kegiatan peserta didik (E-LKPD) berbasis model Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) pada materi laju reaksi SMA/MA Sederajat yang valid serta mengetahui respon pengguna terhadap E-LKPD. Jenis pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Researh and Development (R&D) dengan model pengembangan  4-D. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi yang diberikan kepada tiga validator dan angket respons pengguna yang diberikan kepada 2 guru kimia  dan 20 orang  peserta didik. Hasil penelitian diperoleh skor persentase rata-rata penilaian validator ahli materi dan ahli media sebesar 95,41% dan 89,63% dengan kategori valid. Hasil uji coba kepada guru dan peserta didik masing-masing diperoleh skor persentase rata-rata sebesar 91,96% dan 92,62% dengan kategori sangat baik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis ARCS menggunakan liveworksheets pada materi laju reaksi dapat digunakan sebagai media pembelajaran.

Keywords


Reaction rate, ARCS learning model, e-worksheet, liveworksheets

Full Text:

PDF

References


Anggrahini, A., & Rusmini, R. 2022. improve science process skills and collaboration on reaction rate materials using e-lkpd liveworksheets. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry (On Progress), 14(1): 28-43.

Annafi, N. Ashadi, dan Mulyani, S. 2015. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Termokimia Kelas XI SMA/MA. Jurnal Inkuiri. 4(3): 21–28.

Cholifah, S. N., & Novita, D. 2022. Pengembangan E-LKPD Guided Inquiry-Liveworksheet untuk Meningkatkan Literasi Sains pada Submateri Faktor Laju Reaksi. Chemistry Education Practice, 5(1): 23-34.

Depdiknas. 2013. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar Menengah Atas.

Hanifha, S., Susilawati, Copriady, J. 2021. Pengembangan LKPD Berbasis Model ARCS Pada Pokok Bahasan Kesetimbangan Ion dan pH Larutan Penyangga. Journal of Research and Education Chemistry. 3(1): 14-27

Hazlita, S. (2021). Implementasi Pembelajaran dalam Jaringan dengan Menggunakan Instagram dan Liveworksheets pada Masa Pandemi. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik. 2(7): 1142–1150.

Nadya R. J Hafsah, Dedi Rohendi, and Purnawan. 2016. Penerapan Media Pembelajaran Modul Elektronik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Mekanik. Journal Of Mechanical Engineering Education. 3(1): 106-112.

Nianti, R. E., Haryati, S., Herdini, H. 2022. Pengembangan e-LKPD berbasis connecting, organizing, reflecting, extending berbantuan liveworksheets pada pokok bahasan asam basa. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau, 7(1): 34-41.

Nissa, I. C., Febrilia, B. R. A., Astutik, F. 2021. Live worksheets matematika: dalam perspektif siswa menurut model motivasi ARCS. In Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika. 6: 266-273.

Trilling, B., Fadel, C. 2009. 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times, John Wiley & Sons. New York




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpk-unri.v7i2.7835

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.