Cover Image

PROJECT-BASED LEARNING PADA MATA KULIAH KIMIA ANALITIK DASAR MENGGUNAKAN YOUTUBE UNTUK PENINGKATAN KETERAMPILAN ABAD 21

Abraham Mora, Hokcu Suhanda, Triannisa Rahmawati

Abstract


Dalam beberapa tahun terakhir perkembangan informasi dan digitalisasi berkembang dengan sangat pesat, secara khusus dalam pembelajaran jarak jauh saat pandemi COVID-19. Selain itu perkembangan zaman yang terkini mengarah pada diperlukannya keterampilan abad 21 untuk dimiliki oleh peserta didik agar dapat bertahan di tengah berbagai disrupsi pada berbagai bidang konvensional. Pemberian tugas berbasis project-based learning telah dilaksanakan kepada mahasiswa prodi kimia, Universitas Pendidikan Indonesia, pada mata kuliah Kimia Analitik Dasar. Telah dihasilkan 6 video yang membahas metode-metode terbaru yang diaplikasikan pada bidang kimia analitik. Video-video tersebut diupload ke media Youtube dengan total 2662 penonton, 1577 suka dan 235 jumlah komentar, Studi deskriptif digunakan sebagai metode penelitian untuk mendapatkan umpan balik dari mahasiswa selaku peserta didik berkaitan dengan implementasi keterampilan abad 21 dan juga dari penonton untuk mendapatkan respons secara kualitatif berkaitan dengan ketersampaian isi video eksplanasi yang telah dibuat. Dari hasil survey, sekitar 85% mahasiswa menyatakan setuju dan sangat setuju bahwa project-based learning ini dapat meningkatkan kemampuan berkolaborasi (skala 4,34/5), literasi karya ilmiah (4,40/5), berpikir kreatif (4,49/5), komunikasi (4,54/5) dan berpikir kritis (4,7/5). Tanggapan dari audiens yang positif dan suportif juga menguatkan pendapat bahwa penugasan ini mampu melatih keterampilan mengajar dan berkomunikasi dari mahasiswa.


Keywords


Project-based learning, Descriptive study, 21st- century skills, Youtube

Full Text:

PDF

References


Angeloni, S., Navarini, L., Khamitova, G., Maggi, F., Sagratini, G., Vittori, S., & Caprioli, G. 2020. A new analytical method for the simultaneous quantification of isoflavones and lignans in 25 green coffee samples by HPLC-MS/MS. Food Chemistry. 325; 126924.

Carte, T. A., Dharmasiri, A., & Perera, T. 2011. Building IT capabilities: Learning by doing. Information Technology for Development. 17(4): 289–305.

Cihangir, H. H., & Çoklar, A. N. 2021. Using YouTube as an Education Environment: Examining Follower Views. International Technology and Education Journal. 5(1): 50-60.

Clifton, A., & Mann, C. 2011. Can YouTube enhance student nurse learning? Nurse Education Today, 31(4): 311–313.

Draganić, K., Marić, M., & Lukač, D. 2021. An apliccation of TikTok in higher education. E-Business Technologies Conference Proceedings. 1(1): 114–119.

Dupuis, J., Coutu, J., & Laneuville, O. 2013. Application of linear mixed-effect models for the analysis of exam scores: Online video associated with higher scores for undergraduate students with lower grades. Computers and Education. 66: 64–73.

Fujiawati, F. S., & Raharja, R. M. 2021. Pemanfaatan Media Sosial ( Instagram ) Sebagai Media Penyajian Kreasi Seni Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni, 6(1): 32–44.

Hadiyanto, H., Failasofah, F., Armiwati, A., Abrar, M., & Thabran, Y. 2021. Students’ practices of 21st century skills between conventional learning and blended learning. Journal of University Teaching and Learning Practice, 18(3): 1-19

Hidayat, Y. Y., & Maskur, J. 2019. Pemanfaatan Media Sosial Facebook Sebagai Media Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PPPKN Kelas Viii A. Jtep, 4: 760-771.

Kamhar, M. Y., Lestari, E. (2019). Pemanfaat Sosial Media Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia DI Perguruan Tinggi. Inteligensi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2): 1-7.

Karpudewan, M., Ponniah, J., & Ahmad, A. N. 2016. Project-Based Learning: An Approach to Promote Energy Literacy Among Secondary School Students. Asia-Pacific Education Researcher. 25(2): 229–237.

Kokotsaki, D., Menzies, V., & Wiggins, A. 2016. Project-based learning: A review of the literature. Improving Schools. 19(3): 267–277.

Kuzmickaja, I., Wang, X., Graziotin, D., Dodero, G., & Abrahamsson, P. 2015. In Need of Creative Mobile Service Ideas? Forget Adults and Ask Young Children. SAGE Open, 5(3): 1-13

Mascarenhas, S. S., Moorakonda, R., Agarwal, P., Lim, S. B., Sensaki, S., Chong, Y. S., Allen, J. C., & Daniel, L. M. 2017. Characteristics and influence of home literacy environment in early childhood-centered literacy orientation. Proceedings of Singapore Healthcare, 26(2): 81–97.

Moghavvemi, S., Sulaiman, A., Jaafar, N. I., & Kasem, N. 2018. Social media as a complementary learning tool for teaching and learning: The case of youtube. International Journal of Management Education, 16(1): 37–42.

Proch, J., & Niedzielski, P. 2021. Iron species determination by high performance liquid chromatography with plasma based optical emission detectors: HPLC–MIP OES and HPLC–ICP OES. Talanta. 231: 122403

Rahmasari, T. P., Futra, D., & Widianita, W. 2022. Penggunaan youtube sebagai media publikasi project based learning pada pembelajaran kimia di SMAN Pintar Provinsi Riau. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau. 7(1): 55-63.

Rozal, E., Ananda, R., Zb, A., Fauziddin, M., & Sulman, F. 2021. The Effect of Project-Based Learning through YouTube Presentations on English Learning Outcomes in Physics. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(3); 1924–1933.

Ruski, R., & Sholeh, Y. 2019. Pembelajaran Project Based Learning Dengan Menggunakan Sosial Media You Tube Pada Mata Kuliah Media Pembelajaran. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan), 3(2): 151-158.

Saputra, Y., & Fatimah, A. S. 2018. The use of TED and YOUTUBE in Extensive Listening Course: Exploring possibilities of autonomy learning. Indonesian JELT: Indonesian Journal of English Language Teaching. 13(1): 73–84.

Shatto, B., & Erwin, K. 2016. Moving on From Millennials: Preparing for Generation Z. Journal of Continuing Education in Nursing, 47(6): 253–254.

Strivers, J, B. G. 2010. Project-Based Learning, Why Use It? (1st ed.). Educational Psychology.

Sulman, F., Tanti, T., Habibi, M., & ZB, A. 2021. Pengaruh Media Animasi Berkarakter Islami Terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Bumi dan Antariksa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1): 135–146.

Xu, Y., Zhang, S. X., Guo, J., Chen, L. J., Liou, Y. L., Rao, T., Peng, J. B., Guo, Y., Huang, W. H., Tan, Z. R., Ou-Yang, D. S., Zhou, H. H., Zhang, W., & Chen, Y. 2022. A Joint Technology Combining the Advantages of Capillary Microsampling with Mass Spectrometry Applied to the Trans-Resveratrol Pharmacokinetic Study in Mice. Journal of Analytical Methods in Chemistry, 2022: 1-11




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpk-unri.v8i1.7834

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.