Cover Image

PENGEMBANGAN LKPD TERINTEGRASI STEAM-PjBL PADA MATERI SISTEM KOLOID DI SMA

Irawan Intan, Effendi Effendi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa lembar kegiatan peserta didik (LKPD) terintegrasi Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics Porject Based Learning (STEAM-PjBL) pada materi Sistem Koloid dan digunakan untuk  mengetahui tingkat kevalidan dan kepraktisan dari LKPD yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian (R & D) dengan 4-D sebagai model pengembangannya. Model 4-D ini terdapat empat tahapan yaitu tahapan define, design, develop dan disseminate. Namun tahapan disseminate tidak dilaksanakan. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa angket validasi isi dan konstruk, angket respons guru dan peserta didik. LKPD ini divalidasi oleh lima orang ahli yang terdiri dari dosen Kimia (FMIPA UNP) dan guru kimia. Data validasi yang diperoleh dianalisis menggunakan skala Aiken’s v, sedangkan data praktikalitas dianalisis menggunakan perbandingan nilai peserta didik dengan nilai maksimal peserta didik. Berdasarkan angket validasi yang sudah dianalisis dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan telah valid dengan nilai v sebesar 0,87 dengan kategori sangat valid. Sedangkan praktikalitas guru dan peserta didik didapatkan nilai NP sebesar 0,82 dan 0,91 dengan kategori sangat praktis. 


Keywords


Worksheet student, Colloid system, STEAM-PjBL, 4-D model,

Full Text:

PDF

References


Annisa, R., Effendi, M.H., dan Damris, 2019. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dengan Model Project Based Learning STEAM (Science, Technology, Engineering, and Mathematic) Pada Materi Asam dan Basa Di SMA N 11 Kota Jambi. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry. 10(2): 42-46.

Boslaugh, S. dan Paul A.W. 2008. Statistic In A Nutshell, A Desktop QuickReference. O’Reilly. Cambridge

Dewi, N. P. L. K., Astawan, I. G., Suarjana, I. M. (2021). Perangkat Pembelajaran Pendekatan STEAM-PJBL pada Tema 2 Selalu Berhemat Energi. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran. 4(2): 222-232

Herman, H., Aslim, A. 2015. Pengembangan LKPD Fisika Tingkat SMA Berbasis Keterampilan Proses Sains. In Prosiding Seminar Nasional Fisika. 4:113-118

Izzania, R.D.S.M. 2022. Pengembangan bahan ajar project based learning (pjbl) terintegrasi steam untuk memfasilitasi kemampuan literasi sains siswa kelas vi sekolah dasar. Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 5(1): 146-157.

Kurniawan, D. 2011. Pembelajaran Terpadu. Pustaka Cendikia Utama. Bandung

Mufida, S. N., Sigit, D. V., Ristanto, R. H. (2020). Integrated project-based e-learning with science, technology, engineering, arts, and mathematics (PjBeL-STEAM): its effect on science process skills. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 13(2), 183-200.

Nugroho,I, R, Ruwanto, B. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Media Sosial Instagram Sebagai Sumber Belajar Mandiri Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Fisika. 6(6): 460-470.

Pertiwi, R.S., Abdurrahman, A., Rosidin, U. 2017. Efektivitas LKS STEM Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kreativ Siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(2): 1-10.

Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rachmawati, D., Suhery, T., Anom, K. 2017. Pengembangan modul kimia dasar berbasis STEM problem based learning pada materi laju reaksi untuk mahasiswa program studi pendidikan kimia. In Seminar Nasional Pendidikan IPA Tahun 2017. 1(1): 239-248.

Sari, S. N., Nurdianti, D., & Maulana, B. S. (2022). Telaah Pengintegrasian STEAM pada Model Problem Based Learning Terhadap Adversity Quotient Siswa dalam Pembelajaran Matematika. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika. 5: 598-605.

Thiagajaran, S., Semmel, D.S, Semmel, M.I. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Expectional Children. Minneapolis, Minnesota: Leadership Training Institute/Special Education, University of Minnesota.

Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Yuliawati Y. M.S. 2019. Perancangan Dan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer (Studi Kasus Kelas X Rpl SMK Negeri 2 Padang). Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi. 6(1): 80-86.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpk-unri.v7i2.7828

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.