Cover Image

PRAKTIKALITAS MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT-ISPRING TERINTEGRASI PERTANYAAN PROMPTING PADA MATERI TITRASI ASAM BASA

Shindy Silvianti, Guspatni Guspatni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan tingkat praktikalitas dari penggunaan media pembelajaran PowerPoint-iSpring terintegrasi pertanyaan prompting pada materi titrasi asam basa di dalam proses pembelajaran kimia kelas XI SMA Negeri 1 Lintau. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R & D). Subjek dalam penelitian ini adalah 2 orang guru kimia dan 15 orang siswa yang telah belajar titrasi asam basa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket praktikalitas yang telah divalidasi oleh ahli. Data diolah menggunakan teknik analisis deskriptif  memakai rumus persentase praktikalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis respon guru, tingkat praktikalitas media  tergolong sangat praktis dengan nilai 87 %, sedangkan berdasarkan analisis respons siswa, tingkat praktikalitas media pembelajaran ini juga sangat praktis. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran PowerPoint-iSpring terintegrasi pertanyaan prompting pada materi titrasi asam basa sangat praktis digunakan guru dan siswa didalam pembelajaran.

Keywords


PowerPoint-iSpring, prompting questions, practicality, acid base titration

Full Text:

PDF

References


Afandi, A. 2017. Media ICT dalam Pembelajaran Matematika menggunakan PowerPoint Interaktif dan iSpring Presenter. Jurnal Terapan Abdimas. 2: 19-26

Brady, J. E., Neil. D. J., Alison H. 2012. Chemistry The Molecular Nature of Matter. John Willwey and Sons, Inc. USA

Firia, N., Guspatni. 2021. Validity of PowerPoint-iSpring Learning Media Integrated Promting Question on Acid-Base Titration. International Journal of Progressive Sciences and Technologies, 29(1):1-10

Hadilka, M. L., Guspatni, G. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint-iSpring Terintegrasi Pertanyaan Prompting pada Materi Sifat Keperiodikan Unsur Kelas X SMA/MA. Entalpi Pendidikan Kimia, 1(1):11-18

Guspatni, G., Andromeda, A., Bayharti, B. 2018. Peningkatan Aktivitas Menjawab dan Kualitas Jawaban Mahasiswa dengan Pertanyaan Prompting pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran Kimia. Jurnal Eksakta pendidikan. 2(1): 101-107

Kurnia, N., Deni, D., Maskur. 2018. Efektivitas Pemanfaatan Multimedia Pembelajaran Berbantuan Ispring dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaan Bahasa Arab. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1): 451-461

Permendikbud. 2018. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 37 tahun 2018 tentang KI dan KD jenjang SD, SMP dan SMA 2018, Jakarta

Riduwan. 2010. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Alfabeta. Bandung

Sasahan, E. Y., Oktova, R., Oktavia I.R.N, O. 2017. Pengembangan media pembelajaran interaktif tentang optika berbasis android menggunakan perangkat lunak Ispring Suite 7.0 untuk mahasiswa S-1 Pendidikan Fisika pada pokok bahasan interferensi cahaya. In Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya). 2: 52-61.

Sastrakusumah, E. N., Suherman, U., Darmawan, D., Jamilah, J. 2018. Pengaruh media pembelajaran interaktif berbantuan aplikasi ispring presenter terhadap kemampuan. Teknologi Pembelajaran, 3(1): 469-476

Suprapti, E. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Kooperatif Tipe STAD dengan Media PowerPoint-iSpring Pada Materi Jajargenjang, Layang Layang, dan Trapesium di Kelas VII SMP”. MUST: Journal Of Mathematic Education, Science And Technology, 1(1): 57-68

Sanaky, H.A.H. 2009. Media Pembelajaran. Safria Insania Press. Yogyakarta

Sukmawati, W. 2019. Analisis Level Makroskopis, Mikoskopis dan Simbolik Mahasiswa dalam Memahami Elektrokimia. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(2):195-204

Vegatama, M. R. 2018. Pengaruh Penggunaan Media Macromedia Flash Dan Powerpoint Pada Pembelajaran Langsung Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X1 IPA SMA Negeri 2 Sungguminasa (Studi Pada Materi Pokok Asam-Basa). Arfak Chem: Chemistry Education Journal. 1(2): 68-76.

Yusfa, H. A., Guspatni, G. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint-iSpring Terintegrasi Pertanyaan Prompting pada Materi Hidrokarbon Kelas XI SMA. Entalpi Pendidikan Kimia, 2(3): 39-48.

Zakaria, Apriliana, D., dan Raudhatul F. 2017. Pengembangan Intrumen Evaluasi Berbasis CBT dengan Software Ispring Quiz Maker pada Materi Kesetimbangan Kimia. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 4(2): 178-183




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpk-unri.v7i2.7824

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.