Cover Image

EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT-ISPRING TERINTEGRASI PERTANYAAN PROMPTING PADA SUBMATERI PERGESERAN KESETIMBANGAN KIMIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA/MA

Refni Oktavia, Guspatni Guspatni

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran PowerPoint-iSpring terintegrasi pertanyaan prompting pada submateri pergeseran  kesetimbangan kimia terhadap hasil belajar siswa SMA/MA. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen semu. Populasi pada penelitian adalah seluruh siswa jurusan IPA kelas XI di SMAN 1 Kecamatan Payakumbuh tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan dua kelas dengan teknik pengambilan sampel  purposive sampling. Instrumen penelitian adalah tes hasil belajar dengan jenis soal pilihan ganda, data dianalisis dengan uji n-gain dan uji hipotesis dengan uji Mann Whitney (U test) menggunakan SPSS. Hasil penelitian kelas eksperimen dengan nilai n-gain kategori tinggi dan kelas kontrol kategori sedang. Hasi uji hipotesis yang didapatkan Asymp sig. (2-tailed) 0,000. Analisis data tersebut menyimpulkan hipotesis diterima yang artinya media PowerPoint-iSpring terintegrasi pertanyaan prompting pada submateri pergeseran  kesetimbangan kimia efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa SMA/MA.


Keywords


Effectiveness, powerpoint-ispring, chemical equilibrium shift, prompting questions, learning outcomes

Full Text:

PDF

References


Adwiyah, R., 2017. Deskripsi Kesalahan Konsep Siswa Pada Materi Kesetimbangan Kimia di SMAN 1 Teluk Keramat. Skripsi. Unpublish: Universitas Tanjungpura.

Afandi, A. 2017. Media ICT Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Powerpoint Interaktif Dan Ispring Presenter. Jurnal Terapan Abdimas, 2: 19-26.

Andi, S., Endang, T., Fitriyah, H. 2020. Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Belajar. Holistika : Jurnal Ilmiah PGSD, 4(1):36-45

Cohen, L., Manion, L., dan Morrison, K. 2018. Research Methods In Education.Routledge. New York

Creswell, J.W. 2012. Educational Research. University of Nebraska-Lincoln. New York

Delvi, I. P., Guspatni, G. 2020. Pengembangan Multimedia Pembelajaran PowerPoint-iSpring Terintegrasi Pertanyaan Prompting pada Materi Termokimia Kelas XI SMA/MA. Entalpi Pendidikan Kimia, 1(1): 79-92

Hadilka, M. L., & Guspatni, G. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint-iSpring Terintegrasi Pertanyaan Prompting pada Materi Sifat Keperiodikan Unsur Kelas X SMA/MA. Entalpi Pendidikan Kimia, 1(1): 11-18

Hake, R. R.. 1999. Analyzing Change/Gain Scores. Dept. of Physics, Indiana University. USA.

Hilda, M., Asmadi, M., Eviyenni. 2013. Penerapan Media Microsoft Power Point iSpring Pro untuk meningkatkan prestasi belajar Kimia siswa kelas X SMK Negeri 2 Pekanbaru. Skripsi. Unpublish. Pekanbaru. Universitas negeri riau.

Irwanto. I., 2020. Implementasi Multimedia i-Spring Dengan Powerpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Salat Untuk Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(1): 65-78

Kurnia, N., Darmawan, D., Maskur, M. 2018. Efektivitas Pemanfaatan Multimedia Pembelajaran Berbantuan Ispring dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Bahasa Arab. Teknologi Pembelajaran, 3(1): 451-461

Ge, X., 2001. Scaffolding Students Problem-Solving Processes on an Ill-Structured Task Using Question Prompts and Peer Interactions., Thesis. The Pennsylvania State University.

Lasmo, S. R., Bektiarso, S., Harijanto, A. 2017. Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan teknik probing-prompting terhadap aktivitas dan hasil belajar Fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(2): 166-172.

Laura. 2013. 99 Strategi Mengajar. Salemba Medika. Jakarta

Melga, D., Guspatni, G. 2022. Development of Integrated PowerPoint-iSpring Learning Media Prompting Questions on Compound Nomenclature Material for Class X SMA/MA. Entalpi Pendidikan Kimia, 3(1): 1-7.

Neni, S. 2015. Meningkatkan Penalaran Siswa Terhadap Soal Matematika Berbasis Cerita Melalui Teknik Probing Prompting pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Bagi Siswa Kelas 8 di SMP Negeri 2 Kemranjen. Sainteks , XII (1): 56-66

Permendikbud. 206. Permendikbud No. 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta

Putri, W. M., Guspatni, G. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint-iSpring Terintegrasi Tiga Level Representasi Kimia dan Pertanyaan Prompting pada Materi Sifat Koligatif Larutan Kelas XII SMA/MA. Entalpi Pendidikan Kimia, 1(1): 71-78

Santoso, S. 2012. Panduan Lengkap SPSS Versi 20. PT Elex Media Komputindo. Jakarta

Sastrakusumah, E. N., Suherman, U., Darmawan, D., & Jamilah, J. 2018. Pengaruh media pembelajaran interaktif berbantuan aplikasi ispring presenter terhadap kemampuan. Teknologi Pembelajaran. 3(1): 462-485

Seliwati, S., Sidauruk, S., Damsyik, A. 2020. Kesulitan Memahami Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesetimbangan Kimia Pada Siswa SMA Negeri Di Kota Palangka Raya. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 11(2): 315-327.

Septianingsih I. 2009. Upaya Meningkatkan Partisispasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Probing-Prompting. Skripsi. Unpublish. Surakarta: Universitas Muhammadiah Surakarta.

Sugiyono.2013. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta. Bandung

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Masmedia Buana Pustaka. Sidoarjo

Yuniasti., Lainisah P. 2019. Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Memahami Materi Keretimbangan Kimia Di SMA Negeri 2 Banjar. Skrispi. Unpublish. Singaraja: Universitas ganesha




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpk-unri.v7i2.7823

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.