Cover Image

STRATEGI PENINGKATAN PEMAHAMAN MAHASISWA MELALUI PENERAPAN INOVASI PEMBELAJARAN DENGAN METODE PROJECT BASE LEARNING DAN MODIFIKASI STAD PADA MATA KULIAH KIMIA MEDISINAL

Uce Lestari, Havizur Rahman, Syamsurizal Syamsurizal

Abstract


Metode pembelajaran yang baik adalah metode pembelajaran yang inovatif dan menarik minat mahasiswa untuk berfikir dalam menyelesaikan suatu masalah. Salah satunya metode pembelajaran yang manarik mahasiswa adalah pembelajaran Berbasis Project Based Learning (PjBL) dan modifikasi STAD. Modifikasi kajian ini dibandingkan dengan metode Teacher Centered Learning (TCL). Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan tingkat pemahaman mahasiswa dengan menggunakan metode TCL dibandingkan dengan metode PjBL dan termodifikasi STAD. Tahapan prosedur dalam penelitian ini meliputi mahasiswa terbagi atas 2 kelas, masing-masing kelas diterapkan metode TCL. Lebih lanjutnya, kelas A diimplementasikan metode modifikasi STAD, sedangkan kelas B dilaksanakan metode PjBL. Lembaran quesioner diberikan pada sejumlah 34 orang mahasiswa baik kelas A ataupun kelas B,  Hasil quessioner dilakukan pengolahan data secara kuantitatif dengan membandingkan hasil dari kedua metode yang dilaksanakan dan diperoleh hasil bahwa STAD dengan tingkat pemahaman sebesar 75%-100%, sedangkan tingkat pemahaman TCL dan PjBL diperoleh sebesar 25%-50%.  Dari hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran yang paling efektif adalah metode pebelajaran metode STAD dibandingkan dengan metode pembelajaran TCL dan PJBL.


Keywords


Project Based Learning, Modification of STAD, Teacher Centered Learning, Student understanding

Full Text:

PDF

References


Grant, M.M. 2002. Getting a grip on project-based learning: Theory, cases and recommendations. Meridian: A Middle School Computer Technologies Journal, 5(1): 83-94

Hanafiah, N., Suhana, C. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Refika Aditama. Bandung:

Hindun, I., Husamah, H. 2019. Implementasi STAD-PjBL Untuk Meningkatkan Kreativitas Produk Mahasiswa Calon Guru Biologi. Jurnal Inovasi Pembelajaran. 5(2): 139-154.

Indraswari, R. 2014. Penerapan Paduan Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dan Kooperatif Type Student Teams Achievement Division (Stad) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Bahasa Arab. Lisanul Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching, 3(1): 24-30

Isjoni. 2012. Pembelajaran Kooperatif “Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Pustaka Pelajar. Yogyakarta

Kemdikbud. 2013. Model Pengembangan Berbasis Proyek (Project Based Learning). Diakses tgl 20 Desember 2021. http//www.staff.uny.ac.id

Roestiyah, N.K. 2001. Strategi Belajar Mangajar. Penerbit Rineka Cipta. Jakarta

Slavin, R. 2005. Cooperative Leraning “Teory Research dan Praktek”. Nusa Media. Bandung

Suyadno. 2009. Menjelajah Pembelajran Inovatif. Masmedia Media Buana Pustaka. Jawa Timur

Taufik, T., Muhammadi. 2011. Mozaik Pembelajaran Inovatif. Suka Bina Press. Padang

The George Lucas Educational Foundation. 2005. Instructional Module Project Based Learning. diakses tgl 19 Desember 2020. http//www.edutopia.org.modules/PBL/whatpbl.php.2005

Thomas, G. 2003. Fundamentals of Medicinal Chemistry. John Wiley & Sons Ltd. England

Thomas, J.W. 2000. A Review of Research on Problem Based Learning. The Autodesk Foundation. California

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Kencana Prebada Media Grup. Jakarta

Ulfah, M., Fatmah, H., Herlanti, Y. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dipadu Metode Student Team Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X IPA 4 SMA Negeri 1 Parung Tahun Ajaran 2014/2015 Pada Konsep Perubahan Lingkungan Dan D. Edusains, 7(2): 202-208.

Widyaningrum, D. A. 2020. Penerapan model problem based learning (PBL) dipadu student team achievement division (STAD) melalui lesson study (LS) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa Man 3 Malang. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 5(1): 27-34.

Wrigley, H. 1998. Knowledge in action: The promise of project-based learning. Focus on Basics: Connecting Research and Practice. National Centre for the Study of Adult Learning and Literacy. Diakases tgl 19 Desember 2021. http://www. ncsall. net/index. html@ id, 384.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpk-unri.v7i2.7819

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.