
PENGEMBANGAN INSTRUMEN E-SELF ASSESSMENT DALAM MENGIDENTIFIKASI KETERAMPILAN WAYS OF WORKING PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN KIMIA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aiken, L. R. 1985. Three Coefficients For Analyzing The Reliability and Validity of Ratings. Educational and Psychological Measurement. 45 : 131-142.
A’izzah A. A., Susialaningsih, E., Sumarti S. S. 2017. Pengembangan Instrumen Penilaian (Attitude Toward Chemistry) dengan Teknik Peer dan Self Assessment SMA N 2 Salatiga. Chemistry in Education. 6 (2) : 30-34.
Bashooir, K dan Supahar. 2018. Validitas dan Reliabilitas Instrumen Asesmen Kinerja Literasi Sains Pelajaran Fisika Berbasis STEM. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan. 22 (2) : 219-230.
Chalkiadaki, A. 2018. A Systematic Literature Review of 21st Century Skills and Competencies in Primary Education. International Journal of Instruction. 11 (3) : 1-13.
Firman, H. 2013. Evaluasi Pembelajaran Kimia. Bandung : Universitas Pendidikan Kimia.
Hairida. 2018. Penilaian Sikap Peserta Didik dalam Pembelajaran Kimia Melalui Teknik Self Assessment dan Peer Assessment. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA. 9 (2) : 39-40.
Hignasari, L. V. dan Supriadi, M. 2020. Pengembangan E-Learning dengan Metode Self-Assessment untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Mahasiswa Universitas Mahendratta.jurnal Kependidikan. 6 (2) : 206-219.
Kartini, K. S., dan Putra, I. N. T. A. 2020. Respon Siswa Terhadap Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia. 4(1) :12-19.
Lusiana, D., dan Lestari, W. 2013. Instrumen Penilaian Afektif Pendidikan Karakter Bangsa Mata Pelajaran PKN SMK. Journal of Educational Research and Evaluation. 2(1) : 1-6.
Nahadi, Firman, H., dan Khilda, K. 2017. Pengembangan Instrumen Penilaian Diri Sendiri dan Penilaian Teman-Sejawat Untuk Menilai Kinerja Siswa SMK pada Praktikum Kimia. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia. 4 (2) : 114-117.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar Dan Menengah.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses : Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menegah.
Purwadhi. 2019. Pengembangan Kurikulum dalam Pembelajaran Abad XXI. MIMBAR PENDIDIKAN : Jurnal Indonesia Untuk Kajian Pendidikan. 4(2) : 103-112.
Rahmawan, E. F., Sumaryanto. T., dan Supriyadi. 2016. Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja Kemampuan Bernyanyi Berbasis Android. Journal of Educational Research and Evaluation. 5(1) : 81-89.
Redhana, I. W. 2019. Mengembangkan Keterampilan Abad ke-21 dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 13 (1) : 2241-2251.
Sarkawi, D., Oktaviani, A., Priadi, A., dan Khansa, T. 2018. Analisis Pelayanan Prima Atas Kepuasan Konsumen pada Apotek K24 Bambu Apus Jakarta Timur. Jurnal Petir. 11(2) : 125-147.
Sudaryono, Margono, G., dan Rahayu, W. 2013. Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Tanggerang: Graha Ilmu.
Wiranti, O. D., Cahyaningtyas, A. P., dan Juprianto. Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Menggambar dan Mewarnai Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Riset Penelitian Dasar. 2(1) : 11-22.
Zubaidah, S. 2018. Keterampilan Abad Ke-21: Bagaikmana Membelajarkan dan Mengaksesnya. Prosiding Seminar Nasional Prodi Pendidikan Biologi FKIP UIR & Himpunan Penelitian Pendidikan Biologi Indonesia. Pekanbaru. 17 Juni 2018. Hal. 2-8.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpk-unri.v7i1.7818
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.