Cover Image

PENGEMBANGAN INSTRUMEN E-SELF ASSESSMENT DALAM MENGIDENTIFIKASI KETERAMPILAN WAYS OF WORKING PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN KIMIA

Aisyah Meisya Putri, Asyti Febliza

Abstract


Penelitian ini berfokus pada pengembangan instrumen e-self assessment keterampilan ways of working (komunikasi dan kolaborasi) pada materi ikatan kimia. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya perhatian guru dan ketiadaan instrumen khusus dalam mengidentifikasi keterampilan komunikasi dan kolaborasi peserta didik dalam pembelajaran kimia. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan instrumen penilaian keterampilan ways of working yang valid dan relibel, serta melihat respon peserta didik dan guru mengenai instrumen yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode R&D dengan model atau desain penelitian Borg and Gall yang dilakukan dengan 6 tahap penelitian dari total 10 tahap penelitian. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini adalah instrumen yang dapat mengidentifikasi keterampilan komunikasi dan kolaborasi yang dituang dalam bentuk elektronik menggunakan google form. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini antara lain (1) Hasil uji validitas diperoleh nilai koefisien V Aiken=1 untuk setiap pernyataan. (2) Hasil uji reliabilitas diperoleh nilai r=0,73891 dengan kategori “Tinggi”. (3) persentase respon peserta didik pada segi isi sebesar 84,063%, segi kemudahan 88,54%, dan segi bahasa 81,88% yang artinya masuk dalam kategori sangat baik. Sedangkan, persentase pada respon guru dari segi isi sebesar 78,125% dengan kategori baik, segi kemudahan 91,67% dan segi bahasa 83,33% keduanya termasuk ke dalam kategori sangat baik. Berdasarkan uraian di atas instrumen yang dikembangkan telah valid dan reliabel. 

Keywords


instrument; e-self assessment; ways of working

Full Text:

PDF

References


Aiken, L. R. 1985. Three Coefficients For Analyzing The Reliability and Validity of Ratings. Educational and Psychological Measurement. 45 : 131-142.

A’izzah A. A., Susialaningsih, E., Sumarti S. S. 2017. Pengembangan Instrumen Penilaian (Attitude Toward Chemistry) dengan Teknik Peer dan Self Assessment SMA N 2 Salatiga. Chemistry in Education. 6 (2) : 30-34.

Bashooir, K dan Supahar. 2018. Validitas dan Reliabilitas Instrumen Asesmen Kinerja Literasi Sains Pelajaran Fisika Berbasis STEM. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan. 22 (2) : 219-230.

Chalkiadaki, A. 2018. A Systematic Literature Review of 21st Century Skills and Competencies in Primary Education. International Journal of Instruction. 11 (3) : 1-13.

Firman, H. 2013. Evaluasi Pembelajaran Kimia. Bandung : Universitas Pendidikan Kimia.

Hairida. 2018. Penilaian Sikap Peserta Didik dalam Pembelajaran Kimia Melalui Teknik Self Assessment dan Peer Assessment. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA. 9 (2) : 39-40.

Hignasari, L. V. dan Supriadi, M. 2020. Pengembangan E-Learning dengan Metode Self-Assessment untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Mahasiswa Universitas Mahendratta.jurnal Kependidikan. 6 (2) : 206-219.

Kartini, K. S., dan Putra, I. N. T. A. 2020. Respon Siswa Terhadap Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia. 4(1) :12-19.

Lusiana, D., dan Lestari, W. 2013. Instrumen Penilaian Afektif Pendidikan Karakter Bangsa Mata Pelajaran PKN SMK. Journal of Educational Research and Evaluation. 2(1) : 1-6.

Nahadi, Firman, H., dan Khilda, K. 2017. Pengembangan Instrumen Penilaian Diri Sendiri dan Penilaian Teman-Sejawat Untuk Menilai Kinerja Siswa SMK pada Praktikum Kimia. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia. 4 (2) : 114-117.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar Dan Menengah.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses : Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menegah.

Purwadhi. 2019. Pengembangan Kurikulum dalam Pembelajaran Abad XXI. MIMBAR PENDIDIKAN : Jurnal Indonesia Untuk Kajian Pendidikan. 4(2) : 103-112.

Rahmawan, E. F., Sumaryanto. T., dan Supriyadi. 2016. Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja Kemampuan Bernyanyi Berbasis Android. Journal of Educational Research and Evaluation. 5(1) : 81-89.

Redhana, I. W. 2019. Mengembangkan Keterampilan Abad ke-21 dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 13 (1) : 2241-2251.

Sarkawi, D., Oktaviani, A., Priadi, A., dan Khansa, T. 2018. Analisis Pelayanan Prima Atas Kepuasan Konsumen pada Apotek K24 Bambu Apus Jakarta Timur. Jurnal Petir. 11(2) : 125-147.

Sudaryono, Margono, G., dan Rahayu, W. 2013. Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Tanggerang: Graha Ilmu.

Wiranti, O. D., Cahyaningtyas, A. P., dan Juprianto. Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Menggambar dan Mewarnai Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Riset Penelitian Dasar. 2(1) : 11-22.

Zubaidah, S. 2018. Keterampilan Abad Ke-21: Bagaikmana Membelajarkan dan Mengaksesnya. Prosiding Seminar Nasional Prodi Pendidikan Biologi FKIP UIR & Himpunan Penelitian Pendidikan Biologi Indonesia. Pekanbaru. 17 Juni 2018. Hal. 2-8.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpk-unri.v7i1.7818

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.