Cover Image

PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING DAN MOTIVASI TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI KOLOID

Ngatijo Ngatijo, Intan Lestari, Wayan Angga Dewi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model inkuiri terbimbing dan motivasi terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi koloid. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan desain faktorial 2 x 2. Penelitian ini telah dilaksanakan pada kelas XI IPA SMAN 1 Bayung Lencir. Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling, sampel yang digunakan sebanyak dua kelas, satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Sumber data berasal dari angket motivasi, soal test keterampilan proses sains, dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan analysis of variance (ANOVA dua jalur). Hasil penelitian menunjukkan, motivasi belajar siswa berpengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi koloid, begitu juga dengan kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing, hasil nilai test pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil penilaian lembar observasi juga menunjukkan rata-rata pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Kesimpulan yang didapat adalah terdapat pengaruh model inkuiri terbimbing dan motivasi terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi koloid dan terdapat interaksi antara model inkuiri terbimbing dan motivasi terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi koloid.


Keywords


Keterampilan proses sains, koloid, model inkuiri terbimbing, motivasi

Full Text:

PDF

References


Abungu, H,E., Okere, M.I.O., Wachanga, S.M. 2014. The Effect of Science Process Skills Teaching Approach on Secondary School Students’ Achievement in Chemistry in Nyando District, Kenya. Journal of Educational and Social Research. 4(6): 359-372.

Aydin, A., 2013. Representation of Science Process Skills in the Chemistry Curricula for Grades 10, 11, And 12 / Turkey. International Journal of Education and Practice. 1(5): 51-63.

Budiyono, A., Hartini, H. 2016. Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa SMA. Wacana Didaktika, 4(2): 141-149.

Dahar, R. W., 1996. Keterampilan Proses Sains. Erlangga. Jakarta.

Dimyati., Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta

Ekayogi, I. W., Margunayasa, I. G., & Rati, N. W. 2016. Pengaruh inkuiri terbimbing, gaya kognitif, dan motivasi berprestasi terhadap keterampilan proses sains siswa kelas V SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 4(1): 1-11.

Ekene, I. 2011. Effects of cooperative learning strategy and demonstration method on acquisition of science process skills by chemistry students of different levels of scientific literacy. Journal of research and Development. 3(1): 204-212.

Kurniasih, I. dan Berlin, S. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Kata Pena. Jakarta

Tawil, M., dan Liliasari. 2014. Keterampilan-keterampilan Sains dan Implementasinya Dalam Pembelajaran IPA. Badan Penerbit UNM. Makassar

Uno, H. B. 2006. Teori Motivasi dan Pengukuran Analisis di Bidang Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta.

Utami, W. D., Dasna, I. W., Sulistina, O. 2013. Pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Jurnal Penelitian Pendidikan FKIP Universitas Negeri Malang, 4(2), 190-198.

Yasmin, N., Ramdani, A., Azizah, A. 2015. Pengaruh metode inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII di SMPN 3 Gunungsari tahun ajaran 2013/2014. Jurnal pijar MIPA, 10(2): 69-75




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpk-unri.v7i1.7812

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.