Cover Image

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DENGAN MEDIA MOLYMOD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Mazidah Mazidah, Pangoloan Soleman Ritonga

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran think pair share (TPS) dengan media molymod terhadap hasil belajar siswa pada materi hidrokarbon. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada materi hidrokarbon. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan rancangan pretest dan posttest. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X tahun ajaran 2016/2017. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling maka diperoleh 2 kelas sampel yaitu kelas X5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X6 sebagai kelas kontrol. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini melalui observasi, tes data awal yaitu tes homogenitas dan tes data akhir yaitu pretest dan posttest serta dokumentasi. Untuk mengetahui pengaruh penerapan model terhadap hasil belajar digunakan rumus Kp. Perbedaan pengaruh dianalisis dengan t-test. Hasil analisis data awal dan data akhir diperoleh nilai thitung= 2,11 dan ttabel= 2,021 pada taraf signifikan 5%. Nilai thitung>ttabel, sehingga Ho ditolak, dan Ha diterima yang berarti menunjukkan adanya pengaruh penerapan model pembelajaran TPS dengan media molymod terhadap hasil belajar siswa pada materi hidrokarbon kelas X SMA Negeri 2 Tembilahan, dengan pengaruh sebesar 10%.


Keywords


Think Pair Share, Molymod, Learning Achievement Hydrocarbon

Full Text:

PDF

References


Asna, L. S., Sugiharto., Susanti, E. 2014. Efektivitas Metode Pembelajaran Two Stay Two Tray (TSTS) Menggunakan Media LKS Dilengkapi Molymod terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Ikatan Kimia Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Mojolaban Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia. 3(1): 123-131.

Dwiningsih, K., Mangengke, B. B. 2021. Pembelajaran Kimia Berbasis Kooperatif Think Pair Share (TPS) Dengan Berbantuan Virtual Laboratorium Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 15(1): 2706-2716.

Ni’mah, A., Dwijananti, P. 2014. Penerapan Model Pembeljaran Think Pair Share (TPS) dengan Metode Eksprimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII MTs Nagdlatul Muslimin Kudus. Unnes Physic Education Journal. 3(2).

Nugraha, D.A., Susanti, E., Masykuri, M. 2013. Efektivitas Metode Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) yang Dilengkapi Media Kartu Berpasangan (Index Card Match) terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Ikatan Kimia Kelas X Semester Gasal SMA N 2 Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia. 2(4): 174-181.

Salam, M., Muharram, M., & Auliah, A. (2016). Pengaruh media animasi dalam model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap Hasil Belajar Siswa kelas X Sains SMAN 1 Pinrang studi pada materi pokok ikatan kimia. Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia, 17(2): 102-112.

Sugiyono. 2011. Statistik Nonparametis. Alfabeta. Bandung.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Panelitian. Rineka Cipta. Jakarta.

Sukardi. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta.

Sulhajir, W., Nuryanti, S., Tangkas, I.M. 2013. Pemanfaatan Molymod terhadap Hasil Belajar Siswa pada Konsep Alkana, Alkena dan Alkuna pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Dolo. Jurnal Akademika Kimia. 2(4): 203-208.

Surayya, L., Subagia, I.W., Tika, I.N. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau dari Keteranpilan Berpikir Kritis Siswa. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. 4: 1-11.

Wahyuning, F., Priyambodo, E., Sugeng, S. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Pada Pembelajaran Kimia Untuk Meningkatkan Keterampilan Berargumentasi Dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 3(1): 46-51.

Wardhani, A.I., Masykuri, M., Utami, B. 2014. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Model Think Pair Share (TPS) Menggunakan Strategi Peta Konsep dan Peta Pikiran terhadap Prestasi Belajar Siswa Materi Ikatan Kimia Kelas XI SMA Negeri 1 Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia. 3(2): 36-44.

Wardhani, D.K., Haryono., Nurhayati, N.D. 2013. Studi Komparasi Pembelajaran Kimia Menggunakan Metode Kooperatif Think Pair Share (TPS) dan Numbered Heads Together (NHT) terhadap Prestasi Belajar Ditinjau dari Kreativitas Siswa pada Materi Pokok Hidrokarbon Kelas X Semester Genap SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia. 2(4): 58-65.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpk-unri.v6i2.7810

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.