Cover Image

PENGEMBANGAN MODUL TERINTEGRASI STEM PADA MATERI KESETIMBANGAN ION DAN pH LARUTAN PENYANGGA

Agus Syahputra, Herdini Herdini, Abdullah Abdullah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan Modul terintegrasi STEM pada materi kesetimbangan ion dan pH larutan penyangga. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian dan pengembangan (research and development) dengan model pengembangan yang mengadopsi model pengembangan Plomp. Objek penelitian yaitu modul terintegrasi STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics). Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar dan rubrik validasi yang dinilai oleh validator dan angket responden yang mencakup dua orang guru kimia dan 13 orang peserta didik kelas XII IPA SMA. Analisis data dilakukan dengan menghitung skor  penilaian dari validator dan responden. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa modul terintegrasi STEM yang dikembangkan memenuhi kriteria kelayakan modul (kelayakan isi, bahasa, penyajian dan kegrafisan) dengan persentase skor keseluruhan aspek kelayakan modul sebesar 90,04%. Persentase skor respon pengguna berdasarkan angket respon guru dan peserta didik berturut-turut sebesar 91,25% dan 91,02%. 


Keywords


STEM, Learning module, Ion Equilibrium and pH of buffer solutions, Plomp model.

Full Text:

PDF

References


Andriani, S., Suhery, T., Hartono, H. 2017. Pembangan Modul Kimia Dasar II Materi Koloid Berbasis STEM Problem Based Learning Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia Fkip Unsri. In Seminar Nasional Pendidikan IPA. 1(1): 308-315.

Arisya, F., Haryati, S., Holiwarni, B. Pengembangan modul berbasis STEM (science, technology, engineering and mathematics) pada materi sifat koligatif larutan. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau, 6(1): 37-44.

Fizah, S.N 2020. Hakikat belajar dan pembelajaran. At-Thullab. Jurnal Pendidikan Gurur Madrasah Ibtidaiyah. 1(2):157

Irmita, L.U. 2018. Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Menggunakan Pendekatan Science, Technology, Engineering And Mathematic (STEM) Pada Materi Kesetimbangan Kimia. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia. 2(2): 26-36.

Ridwan. 2012. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Alfabeta. Bandung

Sudirman, S., Kistiono, K., Taufiq, T. 2018. Pengembangan Modul Mata Kuliah Gelombang Berbasis STEM (Science Technology Engineering and Mathematics) pada Program Studi Pendidikan Fisika. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 5(2), 134-140.

Sugianto, S. D., Ahied, M., Hadi, W. P., Wulandari, A. Y. R. 2018. Pengembangan Modul IPA Berbasis Proyek Terintegrasi STEM pada Materi Tekanan. Natural Science Education Research, 1(1): 28-39.

Sugiyono. 2014. Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta. Bandung

Sumiati, Asra. 2009. Metode Pembelajaran. CV. Wacana Prima. Bandung

Yamasari. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis ICT Yang Berkualitas. Seminar Nasional Pascasarjana X-ITS. FMIPA UNESA. Surabaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpk-unri.v6i2.7799

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.