Cover Image

PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK BERBASIS PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW PADA POKOK BAHASAN STOIKIOMETRI

Siti Rohimah, Sri Haryati, Roza Linda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis PQ4R pada materi stoikiometri untuk kelas X SMA/MA yang valid berdasarkan aspek kelayakan isi, karakteristik PQ4R, kebahasaan, penyajian dan kegrafisan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan (Research & Development) dengan model 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate) yang dimodifikasi menjadi 3-D (Define, Design, Develop). Penelitian ini dilaksanakan hanya sampai tahap develop dan diikuti uji respon pengguna. Objek penelitian berupa Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis PQ4R. Instrumen pengumpulan data berupa lembaran validasi yang akan diisi oleh 3 orang validator, hasil analisis data didapatkan skor validitas dari aspek kelayakan isi, karakteristik PQ4R, kebahasaan, penyajian dan kegrafisan berturut-turut yaitu 94,05%, 94,05%, 90%, 97,22%, dan 85,42% dengan kategori valid. LKPD yang sudah valid bagi validator diujicobakan terhadap 20 orang peserta didik dan diperoleh hasil respon sebesar 84,63% dengan kriteria sangat baik, serta 2 orang guru dan diperoleh skor yaitu 3,9 dengan kriteria sangat baik. Berlandaskan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis PQ4R yang dikembangkan valid dan bisa diterapkan dalam proses pembelajaran pada materi Stoikiometri.


Keywords


Stoikiometri; Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD); PQ4R

Full Text:

PDF

References


Supangat, A. 2014. Statistika: Dalam Kajian Deskriptif, Inferensi dan Nonparametrik. Prenadamedia Group. Jakarta.

Riduwan. 2012. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Alfabeta. Bandung.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta. Jakarta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Yamasari, Y. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis ICT yang Berkualitas. Seminar Nasional Pascasarjana X-ITS. FMIPA UNESA. Surabaya.

Khoirunisa, A., Haryati, S., Rery, R.U. 2019. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) Pada Pokok Bahasan Kesetimbangan Ion dan pH Larutan Garam. Jurnal Pembelajaran Kimia. 4(2): 72-80.

Risalahwati, D.S., Tindangen, M., Sukartiningsih, S. 2020. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model PQ4R Media Concept Mapping Terhadap Hasil Belajar Biologi. Biodik, 6(1): 76-93.

Ni’mah, A., Rochmawati, 2021. Pengembangan lembar kegiatan peserta didik (LKPD) menggunakan metode PQ4R. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 19(1): 1-10

Andaeri, P., Noer, A. M., Linda, R. 2020. Development of Student Worksheet Based PQ4R on Chemical Bond Materials Class X High School. Journal of Chemistry Education Research. 4(1): 8-15.

Setiawati, H., Corebima, A.D. 2017. The Correlation Between Concept Gaining and Retention in PQ4R, TPS, and PQ4R-TPS Learning Strategies. Advances in Social Sciences Research Journal. 4(9):




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpk-unri.v7i1.7797

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.