PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OSBORN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA POKOK BAHASAN LAJU REAKSI
Abstract
This research is aimed to determine the increase in student learning achievement toward the implementation of Osborn learning model on the subject of rate of reaction. This research was conducted at Muhammadiyah 1 Pekanbaru on class XI MIA SMA. The research is an experimental study with randomized control group pretest-posttest design. The sample of the study was students of class XI MIA 3 as an experimental class and students in class XI MIA 4 as a control class. The experimental class was applied to the Osborn learning model, while the control class was not treated. The data analysis technique used was the t-test. Based on the results of the data analysis test tcount> ttable is 9,141 > 1.670, meaning that the application of Osborn's learning model can improve student learning achievement on the subject of rate of reaction in class XI MIA SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agus Irianto. 2003. Statistika Konsep Dasar dan Aplikasinya. Kencana. Padang.
Aziz, M.A., Rochmad, dan Wijayanti, K. 2015. Kemampuan Berpikir Kreatif dan Self-Efficacy Siswa Kelas X SMK Teuku Umar Semarang dengan Model Pembelajaran Osborn. Unnes Journal of Mathematics Education. 4(3):230-237.
Aziz, M.A., Rochmad, Wijayanti. K., 2015. Kemampuan berpikir kreatif dan self-efficacy siswa kelas X SMK Teuku Umar semarang dengan model pembelajaran Osborn. Unnes Journal of Mathematics Education. 4(3): 230-237
Diantari, M., Hasan, M., Habibati. 2018. Penerapan model pembelajaran osborn untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi koloid di kelas XI IPA 1 SMAN 1 Indrapuri. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Jurusan Pendidikan kimia. 3(1): 22-31)
Dwikoranti, D. 2011. Aplikasi metode diskusi dalam mengembangkan kemampuan kognitif, afektif dan social dalam pembelajaran sains. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya. (1)2: 40-49
Elida Prayitno. 1989. Motivasi Dalam Belajar dan Berprestasi. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Jakarta
Nurafifah, L., Nurlaelah, E., Usdiyana. D. 2016. Model pembelajaran osborn untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Mathline; Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. 1(2): 93-102
Pusporini, I.W., Abidin, Z., Fathani, A.H. 2019. Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui model pembelajaran osborn pada materi bangun datar segiempat kelas VII. JPPP.14(7): 130-138
Ratna Wilis Dahar. 2011. Teori Belajar dan Pembelajaran. Erlangga. Jakarta.
Ridwan Abdullah Sani. 2014. Inovasi Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta.
Rosidi, I. 2015. Pengembangan perangkat pembelajaran IPA terpadu tipe integrated untuk mengetahui ketuntasan belajar IPA siswa SMP pada topik pengelolaan lingkungan. Jurnal Pena Sains. 2(1): 14-15
Soeviatulfitri, Kashardi. 2020. Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Model Problem Based Learning (PBL) dan Model Pembelajaran Osborn di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia. 05(03); 35-43
Sudjana. 2016. Metoda Statistika. Tarsito. Bandung.
Suharsimi Arikunto. 2002. Pengelolaan Kelas dan Siswa. Rajawali. Jakarta.
Sukardi. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Bumi Aksara. Jakarta
Zaini Hisyam. 2011. Strategi Pembelajaran Aktif. CTSD. Yogyakarta
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpk-unri.v6i1.7796
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.