Cover Image

PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK BERBASIS KOMIK UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI TERMOKIMIA

Wella Hijriyani, Erviyenni Erviyenni, Sri Haryati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kegiatan Peserta didik berbasis komik yang valid berdasarkan aspek kelayakan isi, karakteristik, kebahasaan, penyajian dan kegrafisan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (research and development) dengan mengacu kepada model pengembangan 4-D. Objek penelitian ini adalah bahan ajar yaitu pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis komik untuk menstimulasi kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Lembar validasi dan angket respons pengguna merupakan instrumen penelitian yang dirancang kemudian dianalisis dan menghasilkan data berupa penilaian dan saran oleh tim validator, responden guru dan peserta didik. Aspek kelayakan isi, bahasa, penyajian, kegrafisan, dan karakteristik komik dengan keseluruhan persentase skor 93% oleh validator materi. Skor respons pengguna sebesar 3,8 oleh guru dan skor 86% oleh peserta didik dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis komik untuk menstimulasi kemampuan berpikir kreatif yang dihasilkan dinyatakan valid dan dapat digunakan pada mata pelajaran kimia SMA pada materi termokimia.


Keywords


Thermochemistry material, Student worksheets, Comics, Creative thinking

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman. 2013. Identifikasi Pedagogical Content Knowladge Calon guru Fisika melalui pembelajaran berbasis multi representasi. Jurnal Pendidikan Progresif. 3(2) : 65 – 72.

Fitria, Abustan, Hartanto, T.J. 2020. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPABerbentuk Komik Berbasis Eksperimen Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Pesawat Sederhana. Bahana Pendidikan: Jurnal Pendidikan Sains. 2(2): 45–54

Greenstein, L. 2012. Assessing 21st Century Skills:a guide to evaluating mastery and authentic learning. Sage Publications Ltd. London.

Minarni. 2020. Pengembangan Bahan Ajar dalam Bentuk Media Komik dengan Adobe Photoshop CS6 Pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 14 (2): 2606.

Riduwan. 2012. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Alfabeta. Bandung.

Sahida, D. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Komik untuk Meningkatkan Creative Thinking Skill Peserta Didik pada Materi Gerak Lurus. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 2(1): 9-16.

Sugihartati, R., 2010. Membaca Gaya Hidup dan Kapitalisme: Kajian Tentang Reading for Pleasure dari Perspektif Cultural Studies. Graha Ilmu.Yogyakarta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Alfabeta. Bandung.

Susanti, K. D., Subiki, S., & Yushardi, Y. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Disertai Komik Fisika Pada Pembelajaran Pokok Bahasan Tekanan Di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(3): 197-204.

Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Bumi Aksara. Jakarta.

Yamasari. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis ICT yang Berkualitas. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana X-ITS. 14 Agustur 2014. FMIPA UNESA. Surabaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpk-unri.v6i2.7792

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.