Cover Image

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OSBORN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA POKOK BAHASAN REAKSI REDUKSI DAN OKSIDASI

Devi Susmalia, Betty Holiwarni, Lenny Anwar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan model pembelajaran Osborn dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pokok bahasan reaksi reduksi dan oksidasi di kelas X MIPA SMAN 10 Pekanbaru. Bentuk penelitian ini adalah eksperimen serta rancangan penelitian randomized control group pretest-posttest. Sampel penelitian ini kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Kedua kelas dilakukan uji normalitas menggunakan uji Liliefors dan diuji homogenitas menggunakan uji kesamaan dua rata-rata. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan penerapan model pembelajaran Osborn sedangkan kelas kontrol tanpa penerapan Osborn. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t pihak kanan. berdasarkan uji analisis data diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,30 >1,67, artinya penerapan model pembelajaran Osborn dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pokok bahasan hidrokarbon di kelas X MIPA SMA Negeri 10 Pekanbaru.


Keywords


Osborn model, Learning outcomes, Reduction and oxidation reactions.

Full Text:

PDF

References


Ramadhan, F. R., Azmi, J., Herdini, H. 2021. Penerapan model pembelajaran Osborn untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada pokok bahasan laju reaksi. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau, 6(1): 45-53.

Azmi, L., Holiwarni, B., Rasmiwetti, R. 2020 Penerapan model pembelajaran Osborn untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada pokok bahasan kesetimbangan ion dan ph larutan garam di kelas XI IPA SMA Negeri 14 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau, 5(1): 23-32.

Irianto, A. 2003 . Statistik Konsep Dasar dan Aplikasi. Kencana. Jakarta.

Kemendikbud. 2016. Bahan pelatihan Kurikulum 2013 tahun 2016. Kemendikbud. Jakarta.

Nurafifah, L., Nurlaelah, E., Usdiyana, D. (2016). Model pembelajaran osborn untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. MATHLINE: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 93-102.

Diantari, M., Hasan, M., Habibati. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Osborn Untuk Meningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Materi Koloid di Kelas XI IPA 1 SMAN 1 Indrapuri. Jurusan Pendidikan Kimia. 3(1): 23-31

Suharsimi Arikunto. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Tarsito. Bandung.

Suparno. 2001. Teori Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Kanisius. Yogyakarta.

Sanjaya, W. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpk-unri.v6i2.7791

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.